Kolaborasi dan gotong royong semua pihak, termasuk pemerintah dan korporasi, akan memudahkan upaya penanganan pandemi
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama kalangan industri bergotong royong membantu pemenuhan kebutuhan oksigen medis guna mendukung pemerintah mempercepat penanganan dan pengendalian pandemi COVID-19 di Tanah Air.

"Kami sangat mengapresiasi peran dari industri pulp dan kertas di antaranya PT OKI Pulp & Paper Mills, PT Indah Kiat Pulp and Paper, PT Lontar Papyrus Pulp and Paper Industry (Sinar Mas Group) serta Tanoto Foundation dan mitra perusahaan April Group - PT Riau Andalan Pulp & Paper (PT RAPP) yang turut mendonasikan oksigen medis untuk memenuhi kebutuhan dalam penanganan pasien COVID-19 di Jawa Barat," kata Plt Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika di Jakarta, Kamis.

Pada Rabu (28/7/2021), Putu Juli Ardika bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri acara Jabar Punya Informasi (Japri) Vol 79 di Bandung, Jabar.

Total oksigen dari industri pulp dan kertas yang telah diterima Jawa Barat sampai Rabu (28/7/2021) sebesar 199,2 ton.

Baca juga: Kemenperin mobilisasi pasokan oksigen nasional untuk pasien COVID-19

Jumlah tersebut merupakan donasi dari PT Riau Andalan Pulp and Paper (Tanoto Fondation) sebesar 113,4 ton dan PT OKI Pulp & Paper Mills (Sinar Mas Group) sebesar 85,8 ton berupa oksigen cair dalam empat ISO tank yang sudah mulai didistribusikan ke stasiun pengisian (filling station).

Menurut Putu, kolaborasi dan gotong royong semua pihak, termasuk pemerintah dan korporasi, akan memudahkan upaya penanganan pandemi saat ini.

"Misalnya, bantuan oksigen medis yang terlaksana berkat kolaborasi dan komunikasi yang apik dengan berbagai pihak," tuturnya melalui keterangan tertulis.

Selain di Jawa Barat, provinsi lain yang telah mendapatkan bantuan oksigen medis dari industri pulp dan kertas, meliputi DKI Jakarta, Banten, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Tidak tertutup kemungkinan jumlah provinsi akan terus bertambah, tentunya kami akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak yang membutuhkan," imbuhnya.

Putu menjelaskan penyediaan oksigen dari industri pulp dan kertas merupakan upaya pengoptimalan fasilitas oksigen plant yang sebelumnya hanya untuk proses bleaching pulp.

"Dalam masa pandemi ini, akhirnya juga digunakan untuk memproduksi oksigen keperluan medis," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan pihaknya bertekad mengerahkan semua kemampuan industri dalam negeri untuk memenuhi lonjakan kebutuhan gas oksigen nasional, di antaranya dengan menginstruksikan perusahaan-perusahaan industri untuk memastikan ketersediaan oksigen khususnya untuk memenuhi kebutuhan oksigen medis.

"Ini tidak hanya terbatas pada sektor industri yang bergerak khusus dalam bidang produksi gas oksigen, tetapi juga mencakup industri yang mempunyai potensi untuk membantu ketersediaan oksigen medis," ungkapnya.

Menurut Menperin, kontribusi sektor industri terhadap sektor kesehatan dalam penanggulangan COVID-19 sangat diharapkan dalam situasi pandemi saat ini.

"Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, diharapkan bangsa Indonesia dapat segera mengendalikan sekaligus menangani pandemi COVID-19 serta semuanya bersama-sama kembali berkarya dalam bidangnya masing-masing untuk kembali mendorong pertumbuhan ekonomi nasional yang berkualitas," kata Menteri Agus.

Baca juga: Kemenperin sediakan 500 fasilitas isoman dilengkapi oksigen
Baca juga: Kemenperin datangkan oxygen concentrator untuk pasien COVID-19

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021