Jakarta (ANTARA News) - Perjuangan para pemain muda yang tergabung dalam Tim Nasional Indonesia U-16 untuk mengharumkan nama bangsa mendapat tantangan besar di Tashkent, Uzbekistan setelah suhu udara turun drastis hingga 5 derajat Celcius, Kamis.

Media Officer Tim Nasional (Timnas) U-16 Asep Saputra mengabarkan, saat memasuki hari ketiga Timnas berada di kota tersebut pada Kamis pagi, kerendahan suhu tersebut memaksa latihan ringan berupa jogging dan senam di taman depan hotel The Park Turon digelar lebih singkat dari biasanya karena para pemain kedinginan.

"Usai latihan singkat dipimpin oleh pelatih fisik, Irwansyah, para pemain dikumpulkan oleh manajer Taufik Dwi Cahyono. Antoni Putro Nugroho dkk diberikan arahan oleh Taufik untuk menyikapi suhu dingin yang baru pertama dialami oleh mereka," sebut Asep Saputra, Kamis malam.

Timnas U-16 akan berlaga di Kejuaraan Asia U-16 yang akan berlangsung 24 Oktober-7 November 2010.

Pada kesempatan itu, Taufik juga menceritakan beberapa pengalaman pribadinya saat berada dalam kondisi seperti itu sambil memberikan suntikan motivasi agar mereka tidak lantas "cengeng" dan terlalu banyak mengeluh walau akan bertanding dalam kondisi cuaca yang berat.

"Yang terpenting adalah para pemain menjaga pola makan dan tidurnya. Saya sudah minta dokter tim untuk menyesuaikan kandungan gizi dalam menu makanan pemain," kata Taufik Dwi Cahyono.

Pada sore harinya para pemain menjalani latihan di Kibray Low Stadium. Lokasi latihan kali ini cukup jauh dari hotel The Park Turon yang memakan waktu setengah jam perjalanan karena berada di luar pusat kota Tashkent.

"Imbas dari suhu dingin yang mencapai 5 derajat ini membuat hidung Antoni mengeluarkan darah. Namun, Antoni sendiri memang punya kelainan bawaan pada pembuluh darah hidungnya yang sangat rentan pada perubahan cuaca," kata dokter Timnas U-16, Dr Roy Indra Kresna Tobing.

Menurut kabar terakhir yang diterima dari pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tashkent, suhu setempat bakal mencapai 0 derajat Celcius pada Kamis (21/10) malam. Kondisi ini diperkirakan akan terus berlanjut hingga keesokan harinya.

Indonesia tergabung di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Tajikistan dan Yordania.

Indonesia akan menghadapi Uzbekistan, Minggu (24/10), selanjutnya menghadapi Tajikistan (26/10) dan terakhir melawan Yordania (26/10).  (ANT-132/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010