Indeks Harga Saham Gabungan berbalik menguat pada perdagangan hari ini menyusul optimisme indeks regional Asia
Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Indonesia (Persero) memperingati satu tahun implementasi AKHLAK yang digagas oleh Menteri BUMN Erick Thohir dengan upaya terus bertransformasi bisnis untuk mengembangkan perseroan.

Direktur Utama Pupuk Indonesia Bakir Pasaman dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, menyatakan implementasi AKHLAK berhasil membuat semua budaya kerja di holding maupun anak perusahaan berjalan semakin baik, harmonis, dan kolaboratif.

"Indeks Harga Saham Gabungan berbalik menguat pada perdagangan hari ini menyusul optimisme indeks regional Asia," kata Bakir.

Sebelumnya PT Pupuk Indonesia memperingati satu tahun implementasi Akhlak pada Kamis (28/7), yang dihadiri oleh jajaran direksi Pupuk Indonesia dan anak perusahaan, serta diikuti lebih dari 500 karyawan. Hadir pula sebagai pembicara Menteri ESDM periode 2016-2019 Ignatius Jonan.

Nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) merupakan gagasan dari Menteri BUMN untuk diterapkan pada seluruh BUMN dalam kinerjanya.

Pupuk Indonesia Grup, lanjut Bakir, mengimplementasikan AKHLAK melalui pendekatan holistik dengan membangun komunikasi yang tidak hanya bersifat formal melainkan informal, dan persuasif.

Baca juga: Pupuk Indonesia Grup nyatakan komitmen jalankan nilai AKHLAK

"Dengan melibatkan teman-teman yang muda, kita buatkan saluran bottom up, tidak hanya top-down sehingga output atau yang kami canangkan sebagai world class human capital bukan hanya terlaksana, tapi juga dapat kami akselerasi pencapaiannya Insya Allah pada tahun 2023," kata Bakir.

Menurut Bakir, implementasi AKHLAK akan didukung beberapa program yang mampu meningkatkan nilai-nilai Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif pada setiap insan di Pupuk Indonesia Grup. Selain itu Program AKHLAK juga diintegrasikan dengan human capital development, di mana program rotasi dan promosi serta penerimaan karyawan baru sejalan dengan budaya AKHLAK Pupuk Indonesia Grup.

"Mari kita jadikan peringatan Satu Tahun AKHLAK ini sebagai sarana untuk meningkatkan implementasi budaya AKHLAK di perusahaan kita bisa gunakan sebaik-baiknya untuk melakukan perubahan dengan transformasi bisnis tengah yang dijalankan Pupuk Indonesia Grup untuk mencapai visi, misi dan strategi yang telah kita tetapkan untuk menjadi perusahaan kelas dunia," kata Bakir.

Sebelumnya Pupuk Indonesia berhasil menjadi role model integrasi roadmap holding terbaik kategori perusahaan BUMN dalam ajang AKHLAK Award 2021 yang diselenggarakan oleh ACT Consulting dan Kementerian BUMN.

Selain Pupuk Indonesia, terdapat dua anak perusahaan yang juga menerima penghargaan. Mereka adalah PT Petrokimia Gresik yang berhasil meraih Runner Up dan PT Pupuk Kalimantan Timur yang menjadi juara untuk Indeks Implementasi Adaptif Terbaik kategori Anak Perusahaan BUMN.

Baca juga: Pupuk Indonesia raih penghargaan dalam ajang AKHLAK Award 2021

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021