PMI siapkan infrastruktur untuk percepatan vaksinasi COVID-19

PMI siapkan infrastruktur untuk percepatan vaksinasi COVID-19

Wakil Ketua Umum PMI, Prof. Ginandjar Kartasasmita. ANTARA/Feru Lantara/am.

kepada pemerintah PMI telah menyampaikan kesiapannya untuk membantu mempercepat vaksinasi
Depok (ANTARA) - Wakil Ketua Umum PMI, Prof. Ginandjar Kartasasmita menjelaskan bahwa persiapan internal PMI terus dilakukan dalam menyiapkan infrastruktur untuk mempercepat vaksinasi COVID-19.

"Ini tugas yang tidak mudah, pemerintah mentargetkan 1 juta vaksin per hari, tapi kita semua menyadari bahwa vaksinasi menjadi salah satu solusi. Karena itu, kepada pemerintah PMI telah menyampaikan kesiapannya untuk membantu mempercepat vaksinasi," kata Ginandjar dalam keterangannya di Depok, Kamis.

Sebagai kelanjutan dari operasi penanggulangan wabah COVID-19, saat ini PMI sedang menyiapkan infrastruktur dan jejaringnya untuk mendukung percepatan vaksinasi.

Baca juga: PMI jadikan Indoor Stadium Tangerang sebagai sentra vaksinasi COVID-19

Ginandjar menjelaskan bahwa PMI memiliki kesiapan infrastruktur dan sumber daya di seluruh Indonesia yang dapat membantu pemerintah dalam mempercepat vaksinasi.

"Di seluruh Indonesia kita punya 34 markas provinsi, 409 markas kabupaten dan kota, 236 unit donot darah, dan ratusan ribu relawan terlatih," katanya.

Kerja sama PMI dengan pemerintah daerah dan profesi dokter dan perawat juga sangat baik. PMI siap memobilisasi sumber daya yang ada.

Baca juga: Sudirman Said: PMI adakan vaksinasi untuk percepat penanganan COVID-19

Seperti diketahui, sejak munculnya kasus corona di RRC awal tahun 2020, PMI telah melalukan antisipasi dan respons dengan berbagai kegiatan. Melakukan edukasi publik, membagikan paket kesehatan berisi sabun, masker, dan pembersih tangan (hand sanitizers), dan melakukan sterilisasi kota dengan penyemprotan disinfektan.

Saat ini operasi penanggulangan covid PMI terus meluas dengan penyelenggaraan donor plasma convalesens, dan membantu shelter-shelter untuk isolasi mandiri.

Sebagai persiapan untuk mendukung vaksinasi, PMI menyelenggarakan beberapa pilot untuk menyiapkan sistem, termasuk yang dilaksanakan di Markas Pusat PMI.

Baca juga: UTD PMI Lampung sudah dapat layani donor plasma konvalesen

Saat ini Palang Merah Indonesia telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), dan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia.

Dukungan dari lembaga internasional juga tersu digalang, termasuk dari the International Federation of Red Cross (IFRC), Palang Merah negara sahabay seperti American Red Cross (AmCross), Japanese Red Cross Society (JRCS), Singapore Red Cross (SRC), Austalian Red Cross dan the International Committee of Red Cross (ICRC).

"Dari assessment internal yang kami lakukan, PMI mampu menyelenggarakan vaksinasi untuk 100.000 warga per hari," demikian Ginandjar.

Baca juga: PMI Lampung: Sudah empat penyitas COVID-19 donor plasma konvalesen
 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Peringatan HUT TNI, Korem Madiun gelar donor darah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar