Olimpiade

Emma McKeon siap tambah koleksi emas Australia di Tokyo 2020

Emma McKeon siap tambah koleksi emas Australia di Tokyo 2020

Perenang Australia Emma McKeon menunjukkan medali perunggu setelah finis ketiga dalam final renang 100m gaya kupu-kupu putri Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo Aquatics Centre, Tokyo, Jepang (16/7/2021). ANTARA/REUTERS/Kai Pfaffenbach/aa.

Jakarta (ANTARA) - Emma McKeon bisa menambahkan catatan medali emas Australia pada Olimpiade Tokyo dengan memenangkan final 100m gaya bebas putri yang diikuti oleh para juara dan pemegang rekor Jumat ini.

Setelah memecahkan rekor Olimpiade pada babak penyisihan dengan catatan waktu terbaik 52,13 detik, McKeon mengawali lomba dari lintasan empat guna memburu medali keempatnya dalam Olimpiade.

Baca juga: Perenang Australia Kaylee McKeown rebut emas di Olimpiade pertamanya

Perengan Hong Kong yang meraih medali perak 200m gaya bebas putri, Siobhan Haughey, menjadi pesaing tersengit McKeon, diikuti oleh Cate Campbell yang mantan juara dunia dan peraih tiga medali emas estafet Olimpiade yang juga berasal dari Australia.

Lomba final ini juga menampilkan juara bertahan Olimpiade dari Kanada Penny Oleksiak, pemegang rekor dunia dari Swedia Sarah Sjostrom dan peraih medali emas estafet gaya ganti Olimpiade 2016 Abbey Weitzeil dari Amerika Serikat.

Australia sejauh ini sudah merebut lima medali emas dari renang yang empat emas di antaranya disumbangkan perenang-perenang putrinya, tetapi McKeon belum memenangkan satu pun nomor perseorangan.

 
Perenang Australia Emma McKeon saat bertanding di semifinal nomor 100m gaya bebas putri Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo Aquatics Centre - Tokyo, Jepang, pada 29 Juli 2021 (ANTARA/REUTERS/MARKO DJURICA)


Baca juga: Australia cetak rekor dunia, sabet emas estafet 4x100 gaya bebas putri
Baca juga: Tumbangkan ratu renang, Titmus rebut emas 400m gaya bebas putri

"Dia dalam kondisi baik," kata peraih medali emas lima kali asal Australia Ian Thorpe kepada televisi Seven seperti dikutip Reuters. "Tapi, tentu saja, dia menghadapi Cate Campbell dan lawan-lawan terbaiknya di dunia."

Perenang Afrika Selatan Tatjana Schoenmaker hampir menciptakan rekor dunia gaya dada 200m putri setelah dalam kualifikasi nyaris menyentuhnya

"Seandainya saya punya kuku lebih panjang," kata dia kepada wartawan setelah terlambat lima per seratus detik. Lilly King yang juara Olimpiade 100m gaya dada hanya lolos setelah mencatat waktu tercepat kelima.

Pada gaya punggung 200m putra, Luke Greenbank tercepat kedua setelah favorit Rusia Evgeny Rylov dalam semifinal ketika Britania menikmati penampilan renang Olimpiade terbaiknya dalam 113 tahun.

Rekan senegaranya Duncan Scott berpeluang menyabet emas perseorangan 200m gaya ganti putra dI mana lawan paling beratnya adalah Shun Wang dari China, Daiya Seto dari Jepang dan Michael Andrew dari Amerika Serikat.

Scott berusaha menjadi atlet Inggris pertama yang memenangkan empat emas dalam satu Olimpiade.

Baca juga: "Ratu kupu-kupu" China catatkan rekor Olimpiade renang 200m
Baca juga: Katie Ledecky tetap ratu renang terhebat sepanjang masa
Baca juga: Tak bisa beli oleh-oleh, perenang Rusia tuding Olimpiade 2020 tak adil

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

KONI: PON XX Papua berkaca pada Olimpiade Tokyo 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar