Pengusaha Prancis didorong belanja produk kreatif Indonesia

Pengusaha Prancis didorong belanja produk kreatif Indonesia

Duta Besar RI untuk Prancis, Arrmanatha Nasir, saat temu bisnis MERCI-BEYOND BALI yang diselenggarakan KBRI Paris di toko Merci, Rabu (28/7/2021. (ANTARA/KBRI Paris)

Beberapa produk sudah terjual habis sehingga kami perlu memesan kembali.
Jakarta (ANTARA) - KBRI Paris menyelenggarakan temu bisnis "Merci Beyond Bali" pada Rabu (28/7) untuk mendorong pengusaha Prancis berbelanja produk kreatif Indonesia.

Puluhan pengusaha Prancis dari berbagai sektor industri dan perdagangan hadir pada acara temu bisnis yang digelar di toko Merci di jantung kota Paris itu dalam rangka menyambut HUT ke-76 Kemerdekaan Indonesia.

"Melalui pertemuan ini, KBRI Paris ingin mendorong pengusaha Prancis untuk memilih produk kreatif Indonesia, karena cerita dan narasi yang dibawanya, karena kemampuannya untuk mendukung pembangunan berkelanjutan, serta semangatnya untuk mendukung kemajuan komunitas masyarakat di sekitar lokasi produksinya”, ujar Duta Besar RI untuk Prancis, Arrmanatha Nasir, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan temu pengusaha ini menjadi kesempatan untuk berbagi pengalaman dalam melakukan impor produk Indonesia ke Prancis dan menceritakan proses perjalanan masing-masing produk Indonesia hingga dapat dijual di toko Merci pada pameran yang berlangsung pada 21 Juli-22 Agustus 2021.

Masyarakat Prancis sangat memperhatikan dampak lingkungan dari setiap produk yang dikonsumsinya, sehingga akan cenderung memilih produk yang ramah lingkungan, kata dia.

Baca juga: Produk Indonesia dipamerkan di toko Merci Prancis

Lobby utama toko Merci disulap menjadi hutan tropis yang hijau, dengan saung-saung bambu di tengah sawah berundak-undak.

Masing-masing saung diisi buah kreativitas, imajinasi dan inovasi yang dihasilkan oleh para desainer muda tanah air dari 28 merk, semuanya bertuliskan “Made in Indonesia”.

"Beberapa produk sudah terjual habis sehingga kami perlu memesan kembali," ujar CEO Merci Arthur Gerbi.

Selain mengunjungi saung-saung tempat produk kreatif Indonesia, acara temu pengusaha juga diisi dengan testimoni importir kopi dan teh Prancis, yaitu Clima Coffee dan Zesty, tentang pengalaman mereka berbisnis dengan Indonesia dan kenapa mereka memilih bekerja sama dengan Indonesia.

Baca juga: Indonesia promosi jamu, kopi, hingga nasi goreng di Paris

"Kopi Indonesia memiliki cita rasa yang istimewa dan Pemerintah Indonesia sangat mendukung pengembangan ekspor sehingga memudahkan importir asing untuk bekerja sama," ujar Antoine Netien dari Clima Coffee.

Setelah mengikuti testimoni dan tur keliling lokasi promosi produk kreatif Indonesia, peserta temu bisnis yang tampak antusias kemudian turut mencicipi kopi Clima Coffee dan teh herbal Zesty yang didatangkan langsung dari Indonesia.

Seorang peserta dari Kantor Wali Kota Paris, Cyril Akpama, mengatakan, "Rasa teh yang saya cicipi sangat enak dan berbeda dari aneka teh yang pernah saya coba. Belum pernah saya temukan rasa seenak ini".

KBRI Paris berupaya membawa produk kreatif Indonesia kepada masyarakat Prancis yang tidak dapat berwisata ke Indonesia akibat pandemi COVID-19.

Baca juga: Warga Perancis antusiasme belajar bahasa Indonesia
Baca juga: KBRI Paris adakan peluncurkan buku "Beyond Java"

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Anton Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Indonesia terima 3,5 juta vaksin hibah AS dan Prancis

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar