Aceh dapat tambahan 38.800 dosis vaksin Sinovac

Aceh dapat tambahan 38.800 dosis vaksin Sinovac

Warga melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum penyuntikan vaksin COVID-19 di Banda Aceh Convention Hall, Kota Banda Aceh, Rabu (28/7/2021). ANTARA/Khalis.

Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Aceh mendapat penambahan 38.800 dosis vaksin COVID-19 buatan Sinovac, dalam upaya mengantisipasi kekosongan vaksin di seluruh daerah provinsi ujung barat Indonesia itu.

"Kita sudah dapat penambahan 38.800 dosis vaksin Sinovac untuk Aceh," kata Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr Hanif di Banda Aceh, Jumat.

Hanif mengatakan vaksin COVID-19 dikirim dari dari Jakarta, dan akan tiba di bumi Serambi Makkah Aceh pada Jumat ini sekitar pukul 14.00 WIB.

Rencananya, kata Hanif, pihaknya akan mendistribusikan vaksin tersebut ke kabupaten/kota di seluruh Tanah Rencong pada Sabtu (31/7) besok.

Baca juga: Stok vaksin COVID-19 di Aceh menipis, enam Puskesmas mulai kosong

Baca juga: 13 daerah di Aceh masih rendah cakupan vaksinasi COVID


"Penambahan vaksin ini tiba di Aceh hari ini. Besok direncanakan pendistribusian ke daerah-daerah," katanya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Aceh dr Iman Murahman mengatakan stok vaksin COVID-19 di Aceh menipis dalam sepekan terakhir. Bahkan dua daerah sudah mulai kosong stoknya.

“Untuk ketersediaan vaksin memang sudah menipis, bahkan dua kabupaten stoknya sudah kosong, yakni di Kabupaten Aceh Barat Daya dan Bener Meriah,” kata Iman.

Sementara itu, Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan pemerintah terus mengejar capaian vaksinasi COVID-19 dengan sasaran 4 juta jiwa penduduk Aceh.

Hingga Senin (26/7) lalu, cakupan vaksinasi COVID-19 di Aceh telah mencapai 653.880 orang untuk dosis pertama dan 249.633 orang di antaranya telah melengkapi dengan dosis kedua.

“Upaya mengejar capaian vaksinasi tersebut akan terus kita lakukan secara maksimal, walaupun dengan segala keterbatasan, termasuk kendala ketersediaan vaksin secara nasional yang berdampak pula kepada kita,” kata Nova dalam rapat dengan bupati dan walikota se Aceh, belum lama ini.

Hingga 28 Juli 2021, dia menambahkan Pemerintah Aceh telah menerima 666.840 dosis vaksin Sinovac, dan yang terakhir didistribusikan ke Aceh yaitu sebanyak 37.400 dosis yang dikirimkan pada (22/7) lalu.*

Baca juga: Kapolda Aceh mengajak mahasiswa kampanyekan vaksinasi COVID-19

Baca juga: Pemko wajibkan sertifikat vaksin COVID-19 bagi warga ingin ke Sabang

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Meski libur digeser, perayaan Maulid di Aceh tetap meriah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar