DPRD tepis kabar beri fasilitas influencer dapat vaksin dosis ketiga

DPRD tepis kabar beri fasilitas influencer dapat vaksin dosis ketiga

Salah satu warga berusia di atas 12 tahun menjalani pemeriksaan sebelum menerima vaksin di RPTRA Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat (30/7/2021). ANTARA-HO Sudin Kominfo Jakarta Selatan.

kami sangat memastikan bahwa tidak ada untuk vaksin dosis ketiga, apalagi menggunakan vaksin Moderna
Jakarta (ANTARA) - DPRD DKI Jakarta menepis kabar telah memberi fasilitas pada influencer mendapatkan vaksin dosis ketiga, terlebih menggunakan vaksin jenis Moderna yang diperuntukan untuk tenaga kesehatan (nakes).

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris DPRD DKI Jakarta Augustinus menjelaskan  pelaksanaan vaksinasi DPRD DKI Jakarta hanya bertindak sebagai pelaksana dan vaksin sejak bulan Mei hingga Juli 2021 didistribusikan langsung Dinas Kesehatan DKI Jakarta ke DPRD DKI berjenis Sinovac.

Baca juga: Wagub DKI: Surat vaksin saat makan agar warga mau divaksin

"Untuk vaksin ketiga yang dibilang Moderna kami tidak ada, dan itu tidak pernah diberikan di DPRD yang namanya vaksin booster atau ketiga. Karena itu belum ada acuan diberikan untuk masyarakat. Yang saya tahu baru untuk tenaga kesehatan," ujar Agustinus di Jakarta, Jumat.

Kabar miring mengenai vaksinasi dosis ketiga ini sebelumnya ramai di media sosial. Seorang yang diduga influencer mendapatkan vaksin COVID-19 dosis ketiga di DPRD DKI Jakarta pada Selasa (27/7). Informasi tersebut membuat netizen geram karena dosis ketiga hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan (nakes).

Baca juga: 309 warga jalani vaksinasi massal di Kembangan Jakarta Barat

Kabar itu sempat diunggah di Instastory milik @johandjayanto. Saat itu, Johan mengunggah tangkapan layar yang menampilkan diduga influencer tengah mendapatkan vaksin dosis ketiga. Kebetulan, Johan merupakan salah satu followers dari orang tersebut.

"Tuesday (Selasa) 9:18 AM. Vaccine shot x3: Booster," tulis caption diduga influencer tersebut dalam tangkapan layar Johan.

Dalam foto tersebut juga terlihat logo DPRD DKI Jakarta. Namun sayangnya, foto diduga influencer dan nama akunnya disensor, sehingga wajah dan identitasnya belum diketahui.

Baca juga: Polda Metro Jaya terima bantuan logistik untuk Vaksinasi Merdeka

Augustinus menyesalkan beredarnya informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan itu.

Ia mengatakan, pelaksanaan vaksin di DPRD DKI Jakarta yang dibuka untuk umum mengacu pada instruksi langsung Presiden Joko Widodo pada program 1 juta vaksin per hari, kendati sebelumnya DPRD DKI hanya melaksanakan vaksin bagi pimpinan dan anggota DPRD beserta keluarga.

"Dan itu vaksin dosis pertama dan kedua. Jadi kami sangat memastikan bahwa tidak ada untuk vaksin dosis ketiga, apalagi menggunakan vaksin Moderna," ucapnya menambahkan.

Selain oleh akun @johandjayanto, kabar influencer mendapat vaksin ketiga ini juga diunggah oleh akun @cathydjaya yang mengunggah sebuah foto seorang yang mengaku divaksin tiga kali dengan latar gedung DPRD DKI Jakarta.

"temen w cerita (di IG) kalau ada influencer yang dapat vaksis DOSIS KETIGA. INFLUENCER, bukan Nakes. buktinya apa? si influencer nge-post di IG story dia sendiri Wajah tersenyum dengan mulut terbuka dan keringat dingin temen w sempat capture sblm dihapus. btw coba lihat lokasi vaksinnya dimana hehehe hint: government building," tulis akun @cthydjaya tersebut.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Seluruh pegawai dan anggota DPRD DKI akan tes usap

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar