Kami akan cek kebenaran bahwa ada influencer yang dapat vaksin ketiga
Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan bahwa pihak Pemprov DKI Jakarta akan mengecek kebenaran soal influencer mendapat vaksin dosis ketiga di Gedung DPRD DKI Jakarta beberapa hari lalu.

Pasalnya, kata Riza yang membuat pernyataan dalam akun instagramnya @arizapatria, Jumat, vaksinasi dosis ketiga hanya diprioritaskan pada tenaga kesehatan (nakes) sebagai garda terdepan penanggulangan COVID-19.

"Kami akan cek kebenaran bahwa ada influencer yang dapat vaksin ketiga," kata Riza dalam video status di akun sosial medianya.

Selain itu, Riza juga berpesan pada para influencer, selebgram, atau pegiat sosial media untuk tidak membuat aktifitas yang bisa mengganggu perasaan para tenaga kesehatan yang tengah berjuang menghadapi pandemi COVID-19.

"Kami mohon kepada para influencer agar tidak melakukan aktivitas baik offline maupun online yang bisa mengganggu perasaan para tenaga kesehatan kita," tuturnya.

Kabar miring mengenai vaksinasi dosis ketiga ini sebelumnya ramai di media sosial. Seorang yang diduga influencer mendapatkan vaksin COVID-19 dosis ketiga di DPRD DKI Jakarta pada Selasa (27/7). Informasi tersebut membuat netizen geram karena dosis ketiga hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan (nakes).

Kabar itu sempat diunggah di Instastory milik @johandjayanto. Saat itu, Johan mengunggah tangkapan layar yang menampilkan diduga influencer tengah mendapatkan vaksin dosis ketiga. Kebetulan, Johan merupakan salah satu followers dari orang tersebut.

"Tuesday (Selasa) 9:18 AM. Vaccine shot x3: Booster," tulis caption diduga influencer tersebut dalam tangkapan layar Johan.

Dalam foto tersebut juga terlihat logo DPRD DKI Jakarta. Namun sayangnya, foto diduga influencer dan nama akunnya disensor, sehingga wajah dan identitasnya belum diketahui.

Selain oleh akun @johandjayanto, kabar influencer mendapat vaksin ketiga ini juga diunggah oleh akun @cathydjaya yang mengunggah sebuah foto seorang yang mengaku divaksin tiga kali dengan latar gedung DPRD DKI Jakarta.

"temen w cerita (di IG) kalau ada influencer yang dapat vaksis DOSIS KETIGA. INFLUENCER, bukan Nakes. buktinya apa? si influencer nge-post di IG story dia sendiri Wajah tersenyum dengan mulut terbuka dan keringat dingin temen w sempat capture sblm dihapus. btw coba lihat lokasi vaksinnya dimana hehehe hint: government building," tulis akun @cthydjaya tersebut.

Namun demikian, DPRD DKI Jakarta menepis kabar telah memberi fasilitas pada influencer mendapatkan vaksin dosis ketiga, terlebih menggunakan vaksin jenis Moderna yang diperuntukkan tenaga kesehatan (nakes).

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris DPRD DKI Jakarta Augustinus menjelaskan bahwa pada pelaksanaan vaksinasi DPRD DKI Jakarta hanya bertindak sebagai pelaksana dan vaksin sejak bulan Mei hingga Juli 2021 didistribusikan langsung Dinas Kesehatan DKI Jakarta ke DPRD DKI berjenis Sinovac.

"Untuk vaksin ketiga yang dibilang Moderna kami tidak ada, dan itu tidak pernah diberikan di DPRD yang namanya vaksin booster atau ketiga. Karena itu belum ada acuan diberikan untuk masyarakat. Yang saya tahu baru untuk tenaga kesehatan," ujar Agustinus di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Wagub DKI apresiasi PT LRT Jakarta kampanyekan vaksinasi COVID-19
Baca juga: Wagub DKI sebut vaksin bisa angkat dari keterpurukan ekonomi
Baca juga: Wagub DKI: Surat vaksin saat makan agar warga mau divaksin

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021