Pangkalpinang (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) Sumbagsel siap menyalurkan 453,4 kilo liter (KL) bahan bakar minyak jenis avtur, guna mendukung suksesnya kegiatan latihan bersama (Latma) Garuda Shield Tahun 2021 pada 1 - 14 Agustus 2021 di Baturaja, Sumatera Selatan.

"Saat ini, kita telah menyalurkan 128 KL dari 453,4 KL avtur untuk mensupport latihan bersama TNI AD dan US Army," kata Pjs Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II Agustina Mandayati  melalui siaran pers yang diterima Antara Pangkalpinang, Jumat.

Dalam menyukseskan Latma Garuda Shield merupakan program latihan bersama antara TNI AD dengan US Army ini, Pertamina akan menyalurkan kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamina Dex, Avtur dan Pelumas.

"Rencananya Pertamina akan menyalurkan kebutuhan BBM jenis Pertamina Dex sebesar 71,6 KL," katanya.

Menurut dia, tahun 2021 merupakan program Latma Garuda Shield yang ke-15 dengan materi latihan terdiri dari latihan lapangan, menembak, medis dan penerbangan, guna meningkatkan kerjasama antara Angkatan Bersenjata Republik Indonesia dengan Divisi Infanteri ke-25 Amerika Serikat (US Army).

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan keamanan regional dan menyiapkan sarana _capacity building_ bagi negara pengirim pasukan PBB. Program ini juga diharapkan dapat mempererat hubungan bilateral kedua negara.

"Pertamina juga mensupport latihan bersama TNI AD dan US Army dengan menyediakan fasilitas refueler sebagai alat pengisian ke tanki dan refueler US Army serta menyediakan 2 (dua) unit bridger," katanya.

Pertamina siap untuk memenuhi kebutuhan suplai BBM, avtur dan pelumas baik untuk TNI maupun US Army hingga selesai kegiatan Latma Garuda Shield ini.

"Kami berkomitmen dan mendukung penuh kesuksesan kegiatan latihan bersama militer ini," katanya.
Baca juga: Kasad harap latgab Garuda "Shield" pererat persahabatan TNI AD-US Army
Baca juga: Kasad: TNI AD-SFAB US ARMY gelar latihan
Baca juga: Prajurit AS terkesan dengan keramahan TNI saat latihan bersama

Pewarta: Aprionis
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021