Formula 1

Lampu hijau dari Honda, Verstappen tak perlu ganti mesin di Hungaria

Lampu hijau dari Honda, Verstappen tak perlu ganti mesin di Hungaria

Pebalap tim Red Bull Max Verstappen menjalani sesi latihan bebas Grand Prix Hungaria, Sirkuit Hungaroring, Budapest. (30/7/2021) (ANTARA/REUTERS/Florian Goga)

Jakarta (ANTARA) - Red Bull boleh berlega hati di Grand Prix Hungaria karena Max Verstappen tak perlu mengganti power unit mesin mobil pacuannya, yang digunakan ketika tabrakan di Silverstone, menyusul lampu hijau dari Honda setelah uji coba di FP1.

Red Bull menjajal mesin tersebut ketika sesi latihan bebas pertama, yang membawa Verstappen tampil tercepat di sesi pagi pada Jumat, untuk mengetahui kelayakan dapur pacu mobil RB16B itu untuk menjalani seluruh akhir pekan di Hungaroring.

Sebelumnya, power unit yang tersemat di mobil Verstappen itu mengalami benturan keras di pagar pembatas dalam kecepatan tinggi menyusul insiden senggolan dengan Lewis Hamilton di tikungan Copse Sirkuit Silverstone pada lap pembuka Grand Prix Inggris.

Sasis mobil Verstappen rusak parah dan sang pebalap Belanda harus dibawa ke rumah sakit untuk cek medis meski akhirnya lolos dari cedera serius dan dinyatakan fit untuk balapan di Hungaria.

Red Bull menyebut mereka mengalami kerugian kurang lebih 1,8 juta dolar AS (sekira Rp24 miliar) akibat tabrakan tersebut.

Baca juga: Red Bull beberkan kerugian akibat kecelakaan Verstappen di Silverstone
Baca juga: Red Bull tes kelayakan mesin "Silverstone" Verstappen di Hungaria


Di saat Verstappen tampil tercepat di FP1, diikuti finis P3 di sesi latihan kedua di Budapest, direktur teknis F1 Honda Toyoharu Tanabe menyatakan ia puas dengan performa power unit tersebut.

"Bagus melihat Max tidak menderita dampak merugikan apapun dari kecelakaan Silverstone dan kami dapat mengecek bahwa PU yang ia gunakan di akhir pekan GP Inggris bekerja normal," kata Tanabe seperti dikutip laman resmi Formula 1.

Honda sebelumnya telah memeriksa power unit yang dimaksud di fasilitas mereka di Sakura, Jepang.

"Akan tetapi, secara umum, masih banyak ruang untuk perbaikan dan itu yang akan kami kerjakan sekarang," kata Tanabe melanjutkan.

"Kualifikasi sangat ketat di sebagian besar sirkuit tahun ini, dan selalu begitu hasilnya di trek pendek seperti Hungaroring, catatan putaran akan lebih ketat dari biasanya, jadi kami berharap pertarungan sangat sengit untuk kualifikasi besok."

Honda mendapati sesi latihan Jumat yang positif saat Pierre Gasly membawa AlphaTauri berturut-turut di P5 dan P6 di FP1 dan FP2, meskipun rookie Yuki Tsunoda menjalani hanya satu flying lap di FP2 setelah mekanik memperbaiki mobilnya yang rusak buntut kecelakaan di Tikungan 4 saat sesi latihan pagi.

Baca juga: Red Bull pecat satu anggotanya karena pesan berbau rasisme
Baca juga: Bos Mercedes pandang kritik Red Bull terhadap Hamilton tak adil
Baca juga: Grand Prix Hungaria siap panaskan kembali rivalitas Red Bull, Mercedes

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar