Jakarta (ANTARA) - Gerard Butler mengajukan gugatan pada hari Jumat (30/7) dengan tuduhan bahwa dia memiliki setidaknya 10 juta dolar Amerika sebagai kompensasi backend untuk film aksi tahun 2013 "Olympus Has Fallen".

Butler menggugat Nu Image/Millennium Films, mengklaim bahwa produser telah mengecilkan pendapatan dalam negeri dan luar negeri sebesar puluhan juta dolar dan gagal/tidak melaporkan 8 juta dolar yang masuk ke pendapatan sendiri.

Gugatan itu muncul sehari setelah Scarlett Johansson mengajukan gugatan kompensasi blockbuster terhadap Walt Disney Co., mengklaim bahwa perilisan "Black Widow" secara simultan di Disney Plus memotong keuntungan pendapatan box office-nya.

Gugatan Butler adalah kasus "akuntansi Hollywood" yang lebih tradisional. Butler berperan sebagai Mike Banning, seorang agen Secret Service yang harus menyelamatkan presiden dari penyanderaan.

Film ini meraup 170 juta dolar di seluruh dunia, dan menelurkan dua sekuel yang sukses lainnya yakni "London Has Fallen" dan "Angel Has Fallen," di mana Butler mengulangi perannya.

"Produser telah mendapatkan puluhan juta dolar dari 'Olympus', tetapi menolak untuk membayar Butler sepeser pun dari pendapatan kotor dan keuntungan yang dijanjikan kepadanya dalam perjanjian," kata isi gugatan itu dilansir Variety pada Sabtu.

"Butler menolak untuk mentolerir pernyataan yang salah dari Terdakwa dan perilaku salah lainnya. Butler bekerja dengan Tergugat untuk membuat waralaba film yang sangat sukses. Dia menuntut bagiannya yang adil," lanjutnya.

Menurut gugatan itu, kontrak Butler memberinya hak 10 persen dari laba bersih, ditambah 6 persen dari penerimaan kotor domestik yang disesuaikan di atas 70 juta dolar dan 12 persen dari penerimaan kotor luar negeri yang disesuaikan di atas 35 juta dolar.

Perusahaan produksinya juga berhak atas 5 persen dari laba bersih, dan Butler akan menerima bonus tertentu karena mencapai ambang box office.

Gugatan tersebut juga menyebutkan bahwa Butler telah menerima laporan akuntansi yang tidak teratur dari produser dan bahwa Butler telah keberatan dengan pernyataan tersebut.

Menurut gugatan itu, Butler menyewa seorang auditor yang menemukan bahwa penerimaan domestik dikecilkan atau dikurangi menjadi sebesar 17,5 juta dolar, dan penerimaan produsen dikecilkan sebesar 12 juta dolar, termasuk 8 juta yang diberikan kepada eksekutif (eksekutif produser)

Gugatan itu juga mengklaim bahwa produsen mengurangi biaya penuh publisitas asing dari penerimaan asing, meskipun distributor asing mengambil setengah dari biaya. Gugatan tersebut juga mengatakan bahwa Nu Image/Millenium menginstruksikan distributor untuk mengurangi biaya tertentu, sehingga penerimaan tidak dilaporkan.

Baca juga: Gerard Butler mengulangi peran untuk sekuel "Greenland"

Baca juga: "Greenland", 48 jam sebelum komet musnahkan dunia

Baca juga: Gerard Butler ulangi perannya untuk film "Night Has Fallen"

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021