Artikel

PON Papua, prestasi olahraga dan industri wisata budaya

Oleh Muhsidin

PON Papua, prestasi olahraga dan industri wisata budaya

Maskot PON XX Papua Kangpho dan Drawa. ANTARA/HO-PB PON Papua/am.

Jayapura (ANTARA) - Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tinggal menghitung hari dan segera berlangsung di Provinsi Papua pada 2-15 Oktober 2021. PON ini tidak hanya terbatas melombakan prestasi 37 cabang olahraga saja, tetapi agenda tersebut bakal menjadi ajang promosi industri pariwisata daerah tentang keindahan alam dan budaya masyarakat asli Papua.

Kebanggaan dan kehormatan sangat dirasakan warga maupun pemerintah Provinsi Papua ketika Papua resmi ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggara PON XX pada tahun 2014 silam.

Dengan menjadi tuan rumah PON XX Papua juga bisa mengeksploitasi beragam keindahan alam di Tanah Papua sebagai bagian promosi pariwisata daerah kepada atlet, ofisial maupun delegasi duta olahraga dari 34 provinsi se-Indonesia.

Keindahan alam Papua hingga kini banyak dikenal masyarakat, di antaranya Lembah Baliem yang merupakan salah satu objek wisata di pegunungan Jayawijaya.

Di lokasi objek wisata Lembah Baliem ini, wisatawan bisa menikmati suasana alam, tracking, dan atraksi budaya asli orang Papua yang sangat menarik dan unik.

 
Suasana pada pagelaran Festival Budaya Lembah Baliem di Jayawijaya. (ANTARA/Marius Frisson Yewun)


Dengan visual Lembah Baliem yang dipadupadankan dengan olahraga sepak bola, menjadikan euforia PON ke-20 semakin terlihat.

Torang Bisa, motto PON XX Papua begitu familiar di kalangan pengurus cabang olahraga maupun pejabat daerah hingga atlet yang akan memperkuat kontingen Papua di perhelatan akbar olahraga empat tahunan ini demi membuktikan kehebatan tuan rumah PON XX Papua.

Baca juga: Papua pastikan kesiapannya gelar PON 2021, Torang Bisa!

PON XX Papua juga diyakini akan mengangkat harga diri orang asli Papua karena sejak 58 tahun bergabungnya Provinsi Papua ke wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, baru pertama kalinya menggelar PON.

Sekretaris Umum PB PON Papua Elia Loupatty mengakui PON XX Papua merupakan ajang olahraga nasional terbesar di Provinsi Papua. Dalam sejarah olahraga nasional di Indonesia baru pertama kali Provinsi Papua ditunjuk menjadi tuan rumah PON XX.

"Ya penunjukan ini menjadi ajang pembuktian daerah dan masyarakat Papua untuk bisa menyelenggarakan iven terbesar olahraga di Tanah Air, ya torang bisa," Elia Loupa saat berbincang dengan media.

PON XX Papua juga merupakan perpaduan antara keindahan alam dan budaya yang menyatu dalam semangat sportivitas olahraga yang membawa nilai spirit kebangsaan dan nasionalisme.

Baca juga: Masih ada semangat PON XX di tengah pandemi COVID-19

Selanjutnya PON industri pariwisata

Oleh Muhsidin
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Gibran harap atlet Solo bisa membanggakan di ajang PON XX

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar