Jakarta (ANTARA) - Caeleb Dressel dan Katie Ledecky menambah perolehan medali emas Amerika Serikat di Olimpiade Tokyo, Sabtu, sementara pencetak rekor sensasional perenang Australia Kaylee McKeown memenangkan gaya punggung 200m untuk emas ketujuh mereka di Tokyo Aquatics Centre.

Dressel merebut gelar gaya kupu-kupu 100m putra dengan catatan waktu 49,45 detik untuk merebut emas individu keduanya di Olimpiade Tokyo. Dia juga meraih emas dalam estafet gaya bebas 4x100, seperti dilaporkan Reuters.

Ledecky memenangkan gaya bebas 800m untuk menambah 1.500 emas gaya bebasnya, sekaligus mengalahkan saingannya dari Australia Ariarne Titmus untuk pertama kalinya di Tokyo.

Baca juga: Katie Ledecky akhirnya sabet emas setelah juarai nomor baru 1.500m

Titmus harus puas dengan medali perak tetapi ada banyak hal yang harus dirayakan Australia untuk cabang olahraga renang dengan McKeown menyelesaikan gaya punggung 200 m .

Juara dunia Dressel mengalahkan Kristof Milak dari Hongaria, peraih medali emas gaya kupu-kupu 200m, dengan 0,23 detik.

Perenang AS, yang memenangi gaya bebas 100 m, itu meluncur cepat dan tidak pernah terlihat dalam bahaya, meskipun Milak berusaha keras menutup celah di trek lurus.

Dressel juga berlomba di semifinal gaya bebas 50m dan kemungkinan akan bertanding di final estafet gaya campuran sekitar 30 menit setelah itu.

Baca juga: Caeleb Dressel rebut emas 100m gaya bebas putra Olimpiade Tokyo

 
Perenang andalan Amerika Serikat Kathleen Ledecky melirik seusai memenangi final 800m gaya bebas putri Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo Aquatics Centre - Tokyo, Jepang, 31 Juli 2021  (ANTARA/REUTERS/PIROSCHKA VAN DE WOUW)


Ledecky menjadi kekuatan dominan untuk AS di gaya bebas 800 m, dan dia mengambil kendali dari awal, meningkatkan keunggulannya atas Titmus dari 500m.

Ledecky saat ini mengoleksi enam medali emas Olimpiade dalam karier individu, melewati rekor pemain Hungaria Krisztina Egerszegi yang mengumpulkan lima medali.

Sementara itu, McKeown meningkatkan kecepatan pada putaran terakhir untuk melewati Kylie Masse setelah perenang Kanada itu memimpin untuk 150 m pertama.

Perenang Australia itu menang dengan catatan waktu 2:04.68, sementara Masse 0,74 detik di belakangnya, dan rekan setimnya McKeown Emily Seebohm mengklaim medali perunggu.

Baca juga: Emma McKeon siap tambah koleksi emas Australia di Tokyo 2020
Baca juga: Di balik penampilan superior perenang putri Australia di Tokyo 2020
Baca juga: Rekor Schoenmaker bisa memotivasi calon penerusnya di Afrika Selatan

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021