Alonso Juara di Korea

Alonso Juara di Korea

Fernando Alonso (REUTERS/Bazuki Muhammad)

Yeongam, Korea Selatan (ANTARA News) - Fernando Alonso mengambil alih posisi puncak klasemen lomba dunia Formula Satu setelah tampil sebagai pemenang pada laga amat rusuh Korea Grand Prix, Minggu.

Pebalap berusia 29 tahun itu menang untuk ketiga kalinya dalam empat balapan terakhir bersama Ferrari, setelah saingannya yang melaju dari posisi pole dan sebelumnya pemuncak klasemen Sebastian Vettel dari Tim Red Bull Racing terpaksa mundur karena mesinnya meletus pada putaran ke-46 dari 55 putaran yang harus diselesaikan semua pebalap.

Perlombaan di Korea berakhir ketika hari nyaris gelap, setelah sebelumnya lomba tertunda karena hujan pada awal permainan dan bendera merah dikibarkan karena ada masalah lintasan.

Pebalap dari Australia, Mark Webber, pimpinan klasemen sebelum lomba di Korea diadakan untuk pertama kalinya di sirkuit baru di Yeongam, bersentuhan pada putaran ke-19 ketika berada di urutan kedua setelah Vettel. Ini merupakan tidak finish kedua bagi Webber pada tahun ini.

Pebalap Inggris berada di urutan kedua di atas McLaren, 14 detik terpaut dari Alonso, sedangkan pebalap asal Brazil Felipe Massa naik podium untuk Ferrari.

Juara dunia tujuh kali dari Jerman Michael Schumacher menyamai hasil terbaiknya musim ini dengan berada di urutan kedua bagi Mercedes, sedangkan pebalap dari Polandia Robert Kubica di tangga kelima untuk Renault.

Pebalap dari Italia Vitantonio Liuzzi (Force India), pemain veteran dari Brazil Rubens Barrichello (Williams), atlet dari Jepang Kamui Kobayashi (Sauber), rekan setimnya dari Jerman Nick Heidfeld dan pebalap Jerman Nico Hulkenberg (Williams) berada di urutan 10 besar.

Dengan sisa dua perlombaan lagi, Alonso kini mengantongi 231 poin sedangkan Webber di tempat kedua dengan 220. Posisi Hamilton di urutan kedua membuat juara dunia 2008 itu bertengger di urutan ketiga dengan 210 poin sedangkan Vettel melorot ke tangga keempat dengan 206.

Lomba petang itu amat menyiksa bagi juara dunia bertahan Jenson Button, yang finish di urutan ke-12 untuk McLaren, karena ada masalah setelah melakukan "pit stop".

Pebalap berusia 30 tahun dari Inggris itu terpaut 42 poin dengan Alonso sedangkan sisa poin yang direbutkan tinggal 50 poin.
(A008/B010)

Pewarta: NON
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar