Yeongam, Korea Selatan (ANTARA News) - Pembalap Ferrari Fernando Alonso kini memimpin kejuaraan dunia Formula Satu setelah memenangi Grand Prix Korea Selatan , Minggu.

Pembalap Spanyol berusia 29 tahun itu merebut kemenangan ketiga dia dalam empat balapan terakhir setelah penempat posisi start pertama dan dan sedang unggul di depan, Sebastian Vettel, dari Red Bull Racing harus berhenti karena masalah mesin pada lap ke-46 dari balapan yang menempuh 55 putaran tersebut.

Grand Prix yang untuk pertama kalinya di Korea itu berakhir dalam keadaan nyaris gelap setelah hujan menunda awal balapan tersebut dan juga bendera merah dikeluarkan saat baru tiga putaran karena lintasan basah, dengan balapan memakan hampir tiga jam untuk dituntaskan.

Pembalap Australia Mark Webber, pemimpin klasemen kejuaraan saat memasuki balapan pertama di sirkuit baru Yeongam itu, mengalami kecelakaan pada lap 19 saat berada di posisi kedua, di belakang Vettel. Ini untuk kedua kalinya pembalap Red Bull berusia 34 tahun itu tidak finis pada tahun ini.

Kemenangan Alonso merupakan yang ke-26 selama karir dia, dan yang pertama dalam kondisi lintasan yang basah.

"Ini salah satu balapan terbaik tahun ini bagi kami, bagi tim. Kami sadar ini balapan sulit, sebuah balapan sampai finis," kata juara dunia dua kali asal Spanyol itu.

"Sial bagi Mark (Webber) dan Sebastian (Vettel), dan apa pun bisa terjadi dalam dua balapan berikutnya. Masih ada empat atau lima penantang (untuk merebut gelar) pada tahapan ini, jadi bisa naik podium dan bisa konsisten adalah kunci untuk memenangi kejuaraan," katanya.

Pembalap Inggris Raya Lewis Hamilton dari McLaren mencapai finis di posisi kedua, terpaut 14 detik dari Alonso, sementara pembalap Brazil Felipe Massa merebut tempat terakhir di podium bagi Ferrari.

Juara dunia tujuh kali asal Jerman Michael Schumacher menyamai hasil terbaik di musim ini dengan berjuang menempati posisi keempat bagi tim Mercedes, sementara pembalap Polandia dari Renault di posisi kelima.

Pembalap Italia Vitantonio Liuzzi (Force India) mencatat penampilan terbaiknya di finis di posisi keenam, sementara pembalap veteran asal Brazil Rubens Barrichello (Williams), Pembalap Jepang Kamui Kobayashi (Sauber), rekan setimnya asal Jerman Nick Heidfeld, dan pembalap Jerman Nico Hulkenberg (Williams) berada di posisi 10 teratas yang mendapat poin.

Juara dunia bertahan Jenson Button mengalami sial yang menyedihkan setelah mencapai finis di posisi ke-12 bagi tim McLaren. Pembalap Inggris Raya berusia 30 tahun itu kini tertinggal 42 poin di belakang Alonso dengan sisa dua balapan dan maksimum 50 poin.

Alonso kini memimpin kejuaraan dengan mengumpulkan 231 poin, sementara Webber di posisi kedua dengan 220 poin. Sukses finis di posisi kedua menaikkan juara dunia 2008 itu ke posisi ketiga dalam perburuan gelar dengan 210 poin, sementara Vettel turun ke posisi keempat dengan 206 poin.

Balapan berikutnya adalah Grand Prix Brazil yang akan digelar pada 7 November, demikian AFP.

(I015/A011/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010