Olimpiade

Jepang ke semifinal seusai kalahkan Selandia Baru lewat adu penalti

Jepang ke semifinal seusai kalahkan Selandia Baru lewat adu penalti

Dua pemain Jepang Yuki Soma (kiri) dan Wataru Endo (Kanan) mencoba menghentikan pergerakan Matthew Garbett dalam pertandingan perempat final sepak bola Olimpiade Tokyo 2020 di Ibaraki Kashima Stadium, Jepang pada 31 Juli 2021. ANTARA/REUTERS/HENRY ROMERO

Jakarta (ANTARA) - Tuan rumah Jepang lolos ke semifinal sepak bola Olimpiade Tokyo 2020 seusai menang 4-2 atas Selandia Baru lewat adu penalti di Kashima Stadium, Jepang,  Sabtu.

Menurut catatan laman resmi Olimpiade, 
pertandingan harus ditentukan lewat adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 0-0 selama 90 menit penuh dan dua babak tambahan.

Jepang bermain menekan sejak menit pertama. Mereka menciptakan peluang pada menit ke-2 melalui tendangan jarak jauh Reo, tetapi bola masih melambung jauh ke atas.

Ritsu Doan juga mencoba untuk membuka skor Jepang pada menit ke-10. Namun, tembakan kaki kirinya hasil umpan Wataru Endo masih bisa diblok.

Selandia Baru kesulitan untuk mengimbangi permainan gigih dari Jepang. Namun, Jepang masih kesulitan membobol gawang Selandia baru yang dijaga Woud.

Hingga pertandingan babak pertama usai, skor kacamata masih bertahan.

Pertandingan di babak dua berlangsung lebih intens dengan kedua tim mencoba untuk mencetak gol pertama.

Pada menit ke-64, Ritsu Doan menciptakan peluang melalui tendangan dari tengah lapangan, sayangnya masih bisa diblok.

Kerasnya pertandingan memaksa wasit memberikan empat kartu kuning kepada para pemain Selandia Baru karena harus menghentikan serangan bertubi-tubi Jepang.

Tuan rumah mendapatkan dua peluang pada menit ke-82 dan 85 lewat Ayase Ueda dan Ritsu Doan. Namun, semuanya masih belum membuahkan gol perdana.

Hingga babak kedua berakhir, skor 0-0 tetap bertahan sehingga diteruskan ke perpanjangan waktu.

Jepang kembali membuka serangan lewat Ko Ikatura. Namun, lagi-lagi serangan masih bisa dihalau oleh pemain Selandia Baru.

Jepang dan Selandia Baru masih kesulitan untuk mencetak gol hingga perpanjangan waktu berakhir. Skor tetap 0-0 sehingga pertandingan ditentukan lewat adu penalti.

Keempat penendang Jepang sukses menjalankan tugas mereka, sedangkan Selandia Baru harus tersingkir setelah penendang kedua (Liberato Cacace) dan ketiga (Clayton Lewis) mereka gagal.

Kemenangan ini membuat Jepang lolos ke semifinal dan akan berhadapan dengan Spanyol, yang menang atas Pantai Gading dengan skor 5-2.

Baca juga: Spanyol ke semifinal usai gasak Pantai Gading 5-2
Baca juga: Menanti kejutan di perempat final Olimpiade cabang sepak bola putra
Baca juga: Jadwal Olimpiade sepak bola: Spanyol dan Brazil hadapi tim Afrika

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Presiden tuturkan kegembiraan atas raihan medali di Paralimpiade Tokyo

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar