Saya tahu semua partai ingin mendapatkan hak ini. Segera setelah teks legislatif mereka selesai, kami akan meninjaunya dan kemudian saya akan menawarkannya sebagai amendemen pengganti. Setelah itu, kami dapat mulai memberikan suara untuk amendemen
Washington (ANTARA) - Senat AS dalam sesi Sabtu yang jarang membahas RUU yang akan menghabiskan $ 1 triliun (Rp14,4 kuadriliun) untuk jalan, jalur kereta api, dan infrastruktur lainnya, ketika anggota parlemen dari kedua belah pihak berusaha untuk memajukan prioritas legislatif utama Presiden Joe Biden.

Rencana ambisius tersebut mendapat dukungan dari Demokrat dan Republik dan telah melewati dua rintangan dengan selisih yang banyak di Senat yang terpecah.

Namun sejauh ini para anggota parlemen belum melihat teks final dari RUU tersebut, yang mencakup sekitar $550 miliar (Rp7,9 kuadriliun) dalam pengeluaran baru dan masih dicatat pada Sabtu (31/7) . Pemungutan suara sebelumnya adalah untuk RUU legislatif yang undang-undang sebenarnya akan ditambahkan setelah selesai.

Pemimpin Senat Demokrat AS Chuck Schumer mengatakan di ruang Senat bahwa kelompok bipartisan yang mengerjakan undang-undang tersebut membutuhkan waktu tambahan. "Senat akan tetap bersidang hari ini sehingga mereka dapat menyimpulkannya," kata Schumer.

"Saya tahu semua partai ingin mendapatkan hak ini. Segera setelah teks legislatif mereka selesai, kami akan meninjaunya dan kemudian saya akan menawarkannya sebagai amendemen pengganti. Setelah itu, kami dapat mulai memberikan suara untuk amendemen," top Senat Demokrat menambahkan.


Baca juga: Biden: Serangan siber dapat sebabkan perang di dunia nyata


Setelah melewati RUU Rp14,4 kuadriliun , Schumer bermaksud untuk mendorong paket $ 3,5 triliun (Rp50,4 kuadriliun) yang berfokus pada perubahan iklim dan perawatan di rumah untuk orang tua dan anak-anak. Itu menghadapi oposisi Republik yang gigih dan beberapa perbedaan pendapat di antara Demokrat moderat.

"Senat akan bergerak maju di kedua jalur infrastruktur sebelum awal reses Agustus. Semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan, semakin lama kami akan berada di sini. Tapi kami akan menyelesaikan pekerjaan," kata Schumer sebelumnya pada Sabtu.

Senat memberikan suara 66-28 pada Jumat untuk menyetujui RUU tersebut, dengan 16 Partai Republik bergabung dengan 48 Demokrat dan dua independen mendukung.

Paket tersebut akan secara dramatis meningkatkan pengeluaran negara untuk jalan, jembatan, transit dan bandara. Para pendukung memperkirakan itu pada akhirnya akan melewati Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat, akhirnya mencapai meja Biden untuk diteken menjadi undang-undang.

Ini termasuk pengeluaran baru sekitar $550 miliar, di atas $450 miliar yang sebelumnya disetujui. Ini juga termasuk uang untuk menghilangkan pipa air timbal dan membangun stasiun pengisian kendaraan listrik.

RUU itu tidak termasuk pendanaan untuk sebagian besar perubahan iklim dan inisiatif sosial yang ingin diloloskan Demokrat dalam ukuran $ 3,5 triliun yang terpisah tanpa dukungan Partai Republik.

Baca juga: Biden pertimbangkan wajib vaksin COVID-19 bagi pegawai federal


Demokrat menang suara dengan selisih tipis di Senat dan DPR, yang berarti partai harus tetap bersatu untuk mencapai tujuan legislatifnya.

Anggota progresif dari kaukus Demokrat DPR telah menyarankan paket $ 1 triliun tidak memadai, dan Senat juga dapat memberlakukan perubahan yang dapat memperumit peluangnya untuk menjadi undang-undang.

Tetapi para pendukungnya, termasuk Schumer dan Pemimpin Minoritas Senat Republik Mitch McConnell, optimistis tentang prospeknya.

Sumber: Reuters


Baca juga: Kasus COVID-19 di China bertambah 55

Baca juga: Inggris: Separuh warga Myanmar dapat terinfeksi COVID

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2021