Jakarta (ANTARA) - Rasa haus adalah salah satu sinyal bahwa seseorang mengalami dehidrasi, hal ini bisa terjadi lantaran terdalat banyak cairan yang hilang dari tubuh daripada yang masuk.

Banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi, termasuk cuaca panas, obat-obatan, gangguan pencernaan, dan kelelahan. Seseorang juga mungkin merasa pingsan, pusing, haus, lelah, atau mulut kering atau kesulitan fokus saat dehidrasi.

Berikut ini adalah makanan dan minuman yang dapat menyelamatkan Anda dari dehidrasi, mengutip Healthline pada Minggu.

Air kelapa

Saat Anda mengalami dehidrasi, tubuh membutuhkan lebih dari sekadar cairan untuk mendapatkan kembali keseimbangannya. Dalam kebanyakan kasus, Anda juga harus mengisi kembali elektrolit yang hilang dalam cairan dari tubuh, seperti keringat dan urin.

Elektrolit adalah mineral yang dibutuhkan tubuh Anda untuk fungsi-fungsi penting, seperti keseimbangan cairan yang tepat dan menjaga detak jantung dalam ritme yang teratur.

Air kelapa sangat bagus untuk diminum saat mengalami dehidrasi, karena menyediakan air yang sangat dibutuhkan dan memasok elektrolit dan sedikit karbohidrat. Ini sangat penting jika Anda mengalami dehidrasi dan tidak dapat menahan banyak hal lain. Air kelapa juga dapat membantu mencegah kram otot.

Misalnya, 1 cangkir (237 ml) porsi air kelapa tanpa pemanis mengandung 9 persen dari Nilai Harian (DV) untuk kalium dan memiliki 45 kalori.

Sebuah studi kecil menemukan bahwa air kelapa mengisi kembali cairan yang hilang selama berolahraga seefisien minuman olahraga. Namun, peserta penelitian lebih sering melaporkan bahwa mereka merasa kembung dan sakit perut yang lebih besar setelah mengonsumsi air kelapa.

Jika Anda mengalami mual atau muntah, pastikan untuk menyesap air kelapa secara perlahan. Menenggaknya bisa membuat perut Anda sakit.

Periksa juga bahan untuk tambahan gula atau rasa. Seharusnya tidak lebih dari air kelapa yang tercantum pada label.

Baca juga: Tips menjaga kesehatan ginjal

Baca juga: Dehidrasi hingga radikal bebas, ini dia penyebab kulit wajah kusam


Baca Selanjutnya: Kaldu dan sup

Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021