Jakarta (ANTARA) - Emma McKeon mencetak sejarah Olimpiade ketika membantu Australia mengalahkan juara bertahan dua kali Amerika Serikat untuk memenangi medali emas 4x100m estafet gaya ganti putri di Tokyo Aquatics Center, Minggu.

Tim mereka terdiri atas Kaylee McKeown, Chelsea Hodges, McKeon, dan Cate Campbell mencetak rekor Olimpiade baru 3 menit 51,60detik di depan tim AS dalam 3:51,73 dan Kanada dalam 3:52,60 dikutip dari AFP.

Ini adalah medali ketujuh McKeon di Tokyo, prestasi yang belum pernah dicapai perenang putri lainnya dalam satu Olimpiade.

Baca juga: Dressel dan McKeon kuasai renang nomor sprint Olimpiade Tokyo
Baca juga: Emma McKeon siap tambah koleksi emas Australia di Tokyo 2020


Perenang Kanada Kylie Masse adalah yang tercepat pada pembuka dengan gaya punggung sebelum perenang remaja Lydia Jacoby menempatkan tim Amerika memimpin setelah gaya dada.

Gaya kupu-kupu yang sengit dari McKeon menutup jarak pada kedua tim, membuat veteran Campbell menghasilkan 100m terakhir yang dahsyat untuk mengalahkan perenang gaya bebas AS Abbey Weitzeil dan memenangi emas.

Ini adalah medali emas McKeon (27 tahun) yang keempat di Tokyo, yang bersama tiga medali perunggunya, mengungguli perenang Jerman Timur Kristin Otto yang mengumpulkan enam medali pada 1952 yang disamai oleh perenang Amerika Natalie Coughlin pada 2008.

Baca juga: Di balik penampilan superior perenang putri Australia di Tokyo 2020
Baca juga: Empat negara berbagi emas renang, Schoenmaker pecahkan rekor dunia

 

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021