Jakarta (ANTARA) - Lille meruntuhkan dominasi Paris Saint-Germain di Trophee des Champions setelah memetik kemenangan 1-0 dalam pertandingan yang menandai dimulainya musim baru kompetisi sepak bola Prancis tersebut.

Dimainkan di Stadion Bloomfield, Tel Aviv, Israel, pada Minggu waktu setempat (Senin WIB), Lille menang berkat gol semata wayang yang dicetak gelandang Xeka, demikian catatan laman resmi Liga Prancis.

Hasil itu menyudahi monopoli PSG yang selalu memenangi delapan pertandingan Trophee des Champions terakhir, sekaligus membuktikan bahwa gelar juara Liga Prancis 2020/21 yang diraih Lille bukanlah kebetulan semata.

Kemenangan tersebut juga membuat Jocelyn Gourvennec, yang baru menduduki kursi pelatih Lille menggantikan Christopher Galtier, mengawali tenor kepelatihannya dengan meraih sebuah trofi.

Baca juga: PSG perpanjang kontrak Mauricio Pochettino hingga 2023
Baca juga: Justin Kluivert siap merumput bersama Nice musim ini


Catatan statistik pertandingan memperlihatkan PSG mendominasi 71 persen penguasaan bola sepanjang laga, tapi absennya Kylian Mbappe --yang tak ikut serta ke Tel Aviv untuk melanjutkan pemulihan kebugaran pramusim-- dan Neymar yang masih berlibur membuat Le Parisiens tampil relatif ompong.

Lille yang mengandalkan serangan-serangan balik nyaris membuka keunggulan pada menit ke-40 ketika umpan jauh kiper Leo Jardim diteruskan oleh Jonathan David ke arah Burak Yilmaz, sayang penyerang gaek asal Turki itu melepaskan tendangan yang lurus ke pelukan kiper Keylor Navas.

Tepat di pengujung waktu normal kebuntuan terpecahkan ketika Xeka menerima umpan Yilmaz dengan satu sentuhan sebelum melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang mampu menjebol gawang PSG dan membawa Lille memimpin.

Baca juga: PSG imbang 2-2 lawan Sevilla dalam laga persahabatan pramusim
Baca juga: Rennes siap lepas bidikan MU, Eduardo Camavinga


Kegagalan upaya menembus lini pertahanan Lille berusaha dipecahkan Mauricio Pochettino dengan menurunkan rekrutan barunya, Georginio Wijnaldum, masuk melakoni debut resmi untuk PSG menggantikan Eric Ebimbe pada menit ke-71.

Tiga menit berselang, Mauro Icardi berhasil menyarangkan bola ke gawang Lille, tetapi selebrasinya reda sejenak kemudian karena di tepi lapangan hakim garis sudah mengangkat bendera pertanda offside.

PSG terus berusaha mencari gol penyama kedudukan dan Wijnaldum nyaris menandai debutnya dengan gol tepat di pengujung waktu normal jika saja tembakan volinya tak diselamatkan secara gemilang oleh Jardim, yang menjadi pahlawan kemenangan Lille saat peluit tanda laga usai berbunyi.

Liga Prancis 2021/22 dijadwalkan mulai bergulir akhir pekan ini. PSG dijadwalkan bertandang ke markas klub promosi Troyes pada Sabtu (7/8) dan sehari berselang Lille juga maminkan laga tandang melawan Metz.

Baca juga: Marseille resmi merekrut pemain Brazil Luan Peres
Baca juga: Mantan pemilik Lille selamatkan Bordeaux dari kebangkrutan


 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021