Dukungan MRT Jakarta di TPU Rorotan sebagai Sinergi untuk Jakarta

Dukungan MRT Jakarta di TPU Rorotan sebagai Sinergi untuk Jakarta

Warga membawa nisan keluarganya di area pemakaman khusus COVID-19 di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (15/7/2021). Berdasarkan data Worldometer, Indonesia resmi masuk empat besar kasus aktif COVID-19 terbanyak di seluruh dunia, pada Kamis (15/7/2021) kasus aktif di Indonesia mencapai 480.199 kasus, melampaui Rusia yang tercatat 457.250 kasus, Indonesia juga jauh melampaui India yang tercatat 432.011 kasus. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.

Ada kebutuhan untuk menyiapkan lahan pemakaman khusus COVID-19 di TPU Rorotan
Jakarta (ANTARA) - Dukungan PT Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta (Perseroda) di tempat pemakaman umum (TPU) khusus COVID-19 Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara sebagai bagian dari program Sinergi untuk Jakarta dalam penanggulangan pandemi COVID-19.

“Inisiatif sinergi untuk Jakarta, sekaligus bentuk dukungan terhadap pemerintah (provinsi DKI Jakarta) dalam penanganan COVID-19,” ujar Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar dalam siaran pers di Jakarta, Senin.

William mengatakan Badan Usaha Milik Daerah Provinsi DKI Jakarta itu dilibatkan untuk mendukung proyek perluasan petak pemakaman COVID-19 di TPU Rorotan.

Mengingat masih ada proyek pematangan lahan petak pemakaman di TPU Rorotan saat ini, maka alat berat yang beroperasi di lapangan perlu memiliki akses masuk jalan, sepanjang kurang lebih 100 meter (dari total 300 meter) dan lebar dua meter.

Baca juga: Penggunaan TPU Rorotan untuk COVID-19 tunggu penataan jalan masuk

Akses masuk itu harus kuat menahan bobot alat berat hingga masuk area proyek perluasan TPU Rorotan.

Untuk itu, MRT Jakarta berkolaborasi dengan berbagai mitranya dalam membangun akses jalan tersebut. Materialnya diambil dari pembuangan tanah galian dari proyek MRT CP-201 di kawasan Monas (Jakarta Pusat), dengan total volume tanah mencapai 85.174 meter kubik.

​​​​​​"Ada kebutuhan untuk menyiapkan lahan pemakaman khusus COVID-19 di TPU Rorotan. Kami mengajak mitra kami dari bagian konstruksi (PT Jaya Konstruksi dan Jakpro)," ujar William.

​​Selain itu, MRT Jakarta (Persero) juga dibantu Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta guna meratakan dan memadatkan tanah di TPU Rorotan yang teksturnya gembur, karena sebelum digunakan untuk pemakaman merupakan kawasan persawahan.

Baca juga: Lokasi TPU Rorotan masih lahan produktif untuk pertanian

MRT Jakarta (Perseroda) juga memiliki tugas membuat pagar proyek pembatas makam sepanjang 150 meter dari total 675 meter.

Pagar pembatas tersebut saat ini memiliki dua fungsi yaitu untuk memisahkan area pemakaman yang sudah ada dengan area perluasan makam dan memisahkan antara jalan utama dengan tempat penguburan.

Hingga saat ini, TPU Rorotan memiliki luas lahan 3.000 meter persegi yang siap untuk digunakan dari total luas lahan sekitar tiga hektare yang disiapkan untuk menampung sekitar 7.200 petak makam.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Potret duka penguburan jenazah COVID-19 di TPU Rorotan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar