Square akuisisi Afterpay seharga 29 miliar dolar AS

Square akuisisi Afterpay seharga 29 miliar dolar AS

Laman Afterpay, layanan pembayaran digital yang bisa dicicil atau bayar nanti, yang akan diakuisisi Square. (ANTARA/Afterpay)

Jakarta (ANTARA) - Perusahaan dana digital Square hari ini mengumumkan bahwa pihaknya menyetujui untuk mengakuisisi Afterpay, raksasa penyedia layanan pay later Australia dengan harga seluruh saham 29 miliar dolar AS Rp418,8 triliun.

Dilansir dari Techrunch, harga beli tersebut didasarkan pada harga penutupan saham biasa Square pada 30 Juli lalu, yaitu 247,26 dolar AS (Rp3.5 juta). Transaksi ini diharapkan akan selesai pada awal tahun 2022 mendatang.

Co-founder dan CEO Square Jack Dorsey mengatakan bahwa kedua perusahaan raksasa fintech ini memiliki tujuan yang sama. Sehingga, Square pun memutuskan untuk mengakuisisi Afterpay.

Baca juga: Berbagi rezeki praktis lewat dompet digital

"Kami membangun bisnis kami untuk membuat sistem keuangan lebih adil, mudah diakses, dan inklusif, dan Afterpay telah membangun merek terpercaya yang selaras dengan prinsip-prinsip itu," kata Jack.

"Bersama-sama, kami dapat menghubungkan ekosistem Cash App dan Seller dengan lebih baik untuk menghadirkan produk dan layanan yang lebih menarik bagi pedagang dan konsumen, mengembalikan kekuatan ke tangan mereka,"

Kombinasi dua perusahaan ini diperkirakan akan menjadi raksasa pembayaran. Selama 18 bulan terakhir, ruang "beli sekarang, bayar nanti" pada dasarnya sedang menarik masyarakat terutama bagi generasi muda.

Per 30 Juni, Afterpay telah melayani lebih dari 16 juta konsumen dan hampir 100.000 pedagang di seluruh dunia, termasuk pengecer besar di berbagai industri seperti fesyen, peralatan rumah tangga, kecantikan, serta perlengkapan olah raga.

Menurut pihak Square, bergabungnya Afterpay akan mempercepat prioritas strategis Square untuk ekosistem Cash App dan Seller. Square berencana untuk mengintegrasikan Afterpay ke dalam unit bisnis  Cash App dan Seller, sehingga bahkan “pedagang terkecil” dapat menawarkan "beli sekarang, bayar nanti" saat checkout.

Integrasi ini juga akan memberi konsumen Afterpay kemampuan untuk mengelola pembayaran cicilan mereka langsung di Cash App. Pelanggan Afterpay akan dapat menemukan penawaran "beli sekarang, bayar nanti" langsung di dalam aplikasi.

Baca juga: DANA: Pulsa kian jadi kebutuhan primer

Baca juga: OVO gandeng Bank Mandiri permudah isi saldo secara "offline"


Penerjemah: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Jiwasraya jual Mal Citos ke BUMN lain

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar