Nantinya para taruna/taruni memiliki pengetahuan dan keterampilan golongan perwira
Magelang (ANTARA) - Akademi Militer (Akmil) memiliki tugas pokok membentuk para taruna/taruni menjadi perwira TNI Angkatan Darat yang memiliki sikap dan perilaku prajurit Sapta Marga, kata Gubernur Akmil Mayjen TNI Candra Wijaya.

"Selain itu, nantinya para taruna/taruni memiliki pengetahuan dan keterampilan golongan perwira, berkualifikasi akademis program Sarjana Terapan Pertahanan serta dilengkapi dengan jasmani yang samapta," katanya, di Magelang, Senin, pada Upacara Pembukaan Pendidikan Taruna dan Taruni Akademi Militer Tingkat II, III dan IV Tahun Pendidikan 2021/2022, di Lapangan Pancasila Akmil.

Upacara pembukaan pendidikan tersebut, diikuti taruna dan taruni tingkat II sebanyak 424 orang, tingkat III 365 orang, dan tingkat IV 293 orang.

Dalam konteks itulah, kata Candra Wijaya, Akmil menjadi wahana yang tepat untuk menyiapkan para perwira TNI Angkatan Darat, khususnya bila dihadapkan pada kompleksitas tantangan di masa depan.

Oleh karena itu, katanya lagi, ditanamkan ke dalam diri masing-masing taruna komitmen serius untuk terus menempa diri, hadapi setiap tantangan atau pun kesulitan belajar dengan komitmen tinggi dengan belajar dan berlatih lebih giat lagi.

Menurut Gubernur Akmil, para taruna/taruni akan memasuki tahun pendidikan baru yang memiliki tuntutan serta tantangan yang lebih dibandingkan tahun sebelumnya.

Berbekal pencapaian prestasi yang diraih pada semester lalu, pihaknya menginginkan para taruna/taruni berupaya untuk belajar dan berlatih dengan lebih keras, tekun dan sungguh-sungguh, sehingga dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi.

Gubernur Akmil menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para perwira, pengasuh dan pelatih serta berbagai pihak yang secara langsung maupun tidak langsung telah bekerja keras dalam ikut mendidik para taruna/taruni di lembaga pendidikan ini.

"Selamat belajar kepada seluruh taruna/taruni Akmil. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya kepada warga Akmil dalam melaksanakan tugas pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara Indonesia," katanya pula.
Baca juga: Kasad ingatkan lulusan Akmil jadi calon prajurit miliki semangat juang
Baca juga: Jenderal TNI Andika Perkasa lantik 583 perwira jajaran TNI AD

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021