Catur

Festival Catur BPK Penabur wadahi bibit pecatur handal

Festival Catur BPK Penabur wadahi bibit pecatur handal

Suasana konferensi pers virtual Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK Penabur 2021, Senin (2/8/2021). ANTARA/HO.

Acara ini tentu bisa menjadi proyek jangka panjang dalam melahirkan atlet-atlet catur berbakat
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Yayasan BPK Penabur Ardi Lazuardi mengatakan Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK Penabur 2021 bisa menjadi salah satu tempat pembibitan massal generasi pecatur masa depan.

"Diharapkan dari acara ini bisa tumbuh bibit-bibit baru generasi penerus catur ke depan yang bisa membanggakan negara ini," terang Ardi.

Hal senada juga disampaikan Dewan Pembina PB Percasi Eka Putra Wirya yang mengatakan jika acara ini bisa menjadi tempat dalam pencarian bakat-bakat catur potensial.

Eka lanjut menjelaskan dalam gelaran festival catur ini akan turut hadir perwakilan dari 22 Pengurus Provinsi (Pengprov) Percasi di Indonesia dengan kelompok usia tertentu yang akan ambil bagian.

Baca juga: Percasi apresiasi acara Festival Catur Pelajar Nasional BPK Penabur

"Jelas ini adalah turnamen tingkat nasional, apalagi kita mengundang Pengprov untuk mengirim perwakilannya," jelas Eka.

"Pemain-pemain yang berbakat tentu akan terlihat. Acara ini tentu bisa menjadi proyek jangka panjang dalam melahirkan atlet-atlet catur berbakat," sambungnya.

Selanjutnya Ardi berharap percaturan Indonesia bisa lebih maju dengan lahirnya generasi catur baru yang lebih baik dibanding generasi sebelumnya.

Diharapkan para peserta gelaran ini peserta bisa mengasah karakter yang jujur, sportifitas tinggi dan semangat untuk mencapai yang terbaik.

Baca juga: Festival catur daring berpeluang lahirkan bibit-bibit nasional

"Harapannya Indonesia akan lebih maju dengan membangun generasi (catur) yang lebih baik dibanding generasi sebelumnya," jelas Ardi.

"Diharapkan tumbuh bibit-bibit baru yang kelak membanggakan negara, dan sekaligus juga mengasah lebih tajam karakter jujur, sportifitas tinggi, dan semangat untuk berjuang mencapai yang terbaik," lanjutnya.

Gelaran Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK Penabur 2021 ini rencananya akan digelar mulai 14 hingga 22 Agustus mendatang.

Pada gelaran ini akan ada 4 kategori yang dipertandingkan yaitu pelajar kelas 1-3 SD, kelas 4-6 SD, kelas 7-9 SMP dan kelas 10-12 SMA, dengan setiap kategori tersebut ada nomor khusus untuk putri.

Baca juga: Festival catur daring Penabur targetkan jaring 1.000 peserta
Baca juga: Percasi harap cetak sejarah baru di Piala Dunia Catur 2021
 

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar