BPBD Riau pantau 4 titik panas di 3 daerah

BPBD Riau pantau 4 titik panas di 3 daerah

Tim Satgas Karhutla Riau padamkan lagi empat titik api di Riau. (ANTARA/HO-Humas Satpol PP Provinsi Riau)

Hari ini Tim Satgas Karhutla Riau sudah melakukan pendinginan kebakaran di Dumai dan Siak
Pekanbaru (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau memantau ada empat titik panas pada Senin yang berasal dari tiga daerah yakni Kota Dumai sebanyak 2 titik, Kabupaten Siak dan Rokan Hilir masing-masing 1 titik.

"Hari ini Tim Satgas Karhutla Riau sudah melakukan pendinginan kebakaran di Dumai dan Siak, dan titik api sudah nihil di lokasi tersebut," kata Kepala BPBD Provinsi Riau, M Edy Afrizal di Pekanbaru, Senin.

Baca juga: Tim Satgas Karhutla Riau berjibaku padamkan api

Edy menjelaskan kebakaran di Dumai terjadi di Lubuk Gaung dan Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan, Dumai, akan tetapi api tersebut sudah berhasil dijinakkan tim satgas di lapangan.

"Kebakaran di Lubuk Gaung dan Bangsal Aceh sudah padam dan tinggal pendinginan setelah kita membuat embung dan blokade atau sekat bakar," katanya.

Baca juga: Tim gabungan padamkan karhutla di hutan lindung Giam Siak Kecil

Baca juga: Satgas Karhutla Riau sudah 50 kali water bombing hutan terbakar


Kemudian, katanya lagi, kebakaran lahan yang terjadi di Samsam, Kandis, Kabupaten Siak kemarin sudah dipadamkan melalui helikopter pengebom air dan sekarang tinggal pendinginan saja.

Sedangkan titik panas di Rohil, kata Edy Afrizal, lagi, pihaknya sudah meminta BPBD setempat untuk mengecek titik panas tersebut, apakah masih ada potensi titik api atau tidak.

"Titik panas kan belum tentu api, tetapi kita sudah meminta BPBD Rohil untuk melakukan pengecekan apakah hanya titik panas atau titik api saja," katanya.

Baca juga: BPPT: rekayasa cuaca tanggulangi karhutla di Riau beroperasi 15 hari

Baca juga: BPPT: rekayasa cuaca tanggulangi karhutla di Riau beroperasi 15 hari

Pewarta: Frislidia
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar