88 wisman berkunjung ke Riau pada Juni 2021

88 wisman berkunjung ke Riau pada Juni 2021

Ilustrasi - Warga Negara Asing (WNA) asal Singapura yang memiliki izin jalur Travel Corridor Arrangement (TCA) berjalan keluar dari pintu kedatangan di Pelabuhan Internasional Batam Centre, Batam, Kepulauan Riau. ANTARA FOTO/Teguh Prihatna/Lmo/wsj/pri.

Pandemi COVID-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia masih menjadi faktorĀ  utama yang sangat mempengaruhi kunjungan wisman ke Indonesia dan khususnya ke Provinsi Riau.
Kota Pekanbaru (ANTARA) - Badan Pusat Statistik mencatat dari empat pintu masuk, sebanyak 88 wisatawan mancanegara (wisman) datang ke Provinsi Riau pada Juni 2021.

"Pandemi COVID-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia masih menjadi faktor  utama yang sangat mempengaruhi kunjungan wisman ke Indonesia dan khususnya ke Provinsi Riau," kata Kepala BPS Riau, Misfaruddin, di Pekanbaru, Senin

Dia mengatakan pada bulan sebelumnya, tidak satupun kunjungan wisman yang tercatat datang ke Provinsi Riau.

Baca juga: Kunjungan wisman ke Kepri naik jadi 271 orang pada Juni

Berdasarkan data,  pola kunjungan wisatawan mancanegara ke Provinsi Riau melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II yang berada di Kota Pekanbaru selama tahun 2018-2019 menunjukkan kondisi yang berfluktuasi. Sebaliknya, pada tahun 2020 mulai April hingga Desember hampir tidak ada wisman yang berkunjung ke Riau melalui pintu masuk Bandara SSK II karena pandemi COVID-19.

"Setahun lebih sudah, sektor pariwisata mengalami dampak pandemi COVID-19 yang sampai saat ini belum juga berakhir. Jumlah wisman yang datang masih sangat rendah," katanya.

Sementara itu angka rata-rata lama menginap tamu asing yang berkunjung ke Provinsi Riau dan menginap di hotel berbintang pada Juni 2021 tercatat 3,41 hari. Hal ini dapat diartikan rata-rata tamu asing yang menginap di
hotel berbintang di Provinsi Riau pada bulan Juni 2021 tercatat selama 3 hingga 4 hari.

"Bila dirinci menurut kelas hotel terlihat rata-rata lama menginap tamu asing terlama pada hotel bintang 4 yaitu 11,31 hari," katanya. 

Pewarta: Frislidia
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Angka kemiskinan di perdesaan Riau menurun

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar