Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ini telah membuat banyak perubahan di Kabupaten Temanggung
Temanggung (ANTARA) - Jumlah pasien COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, yang sempat mencapai 140 orang, kini telah turun menjadi 65 pasien, kata Bupati Temanggung M. Al Khadziq.

"Jadi memang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ini telah membuat banyak perubahan di Kabupaten Temanggung," kata Khadziq di Temanggung, Senin.

Ia menyampaikan berdasarkan evaluasi, sejak dilakukan PPKM Darurat awal Juli 2021 sampai hari ini PPKM di Kabupaten Temanggung bisa berjalan dengan baik.

Baca juga: Mantan Bupati Temanggung Hasyim Afandi tutup usia karena COVID-19

"Tingkat kedisiplinan masyarakat sangat baik, masyarakat terbukti dapat mengendalikan diri, dapat menahan diri, sama-sama berkorban agar COVID-19 tidak semakin parah di Kabupaten Temanggung," katanya.

Ia meminta masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan, mengurangi kerumunan, menghindari mobilitas yang tidak penting agar kasusnya tidak menjadi parah lagi.

Baca juga: 31 karyawan RSUD Temanggung terpapar COVID-19

Baca juga: RSUD Temanggung krisis oksigen untuk pasien COVID-19


"Saya mohon agar semuanya ikut menjaga suasana agar tidak timbul kerumunan, supaya bisa menempatkan jaga jarak yang ideal supaya bisa menghindari penularan COVID-19. Saya melihat Kabupaten Temanggung ini masyarakatnya sangat kuat dalam menghadapi musibah bencana COVID-19 ini," katanya.

Ia mengatakan masyarakat terbukti bisa bergotong-royong antara satu dengan lainnya, saling membantu mengatasi permasalahan, baik dari tingkat desa, sampai tingkat kota.

"Saya juga melihat para kepala desa di seluruh Kabupaten Temanggung semuanya bekerja keras untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Termasuk permasalahan karantina di desa, isolasi mandiri, penanganan orang sakit sampai pada pemberian bantuan sosial yang bersumber dari Dana Desa," katanya.

Baca juga: Pegawai tertular COVID-19, Dindukcapil Temanggung setop layanan luring

Baca juga: Calon mempelai positif COVID-19 warga Temanggung gelar lamaran virtual

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021