Jakarta (ANTARA) - Lifter asal Selandia Baru Laurel Hubbard pada Senin membuat sejarah sebagai atlet transgender pertama yang bertanding di Olimpiade, namun dia harus keluar lebih awal karena gagal menuntaskan tiga angkatan snatchnya di Grup A kelas +87kg putri.

Hubbard yang berusia 43 tahun menjadi kontestan tertua dalam cabang angkat besi di Tokyo. Persetujuan Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengizinkannya bersaing di Olimpiade sempat memicu perdebatan sengit tentang keadilan bagi peserta perempuan serta soal partisipasi atlet dari berbagai gender.

Hubbard sebelumnya turun di kelas putra sebelum memutuskan berganti kelamin menjadi perempuan pada 2013 lalu untuk bertanding di kelas +87kg putri d Tokyo.

Dia awalnya diprediksi dapat meraih medali di Tokyo setelah memenangi perak kejuaraan dunia pada 2017 dan emas kejuaraan Oseania pada 2019.

Namun kompetisinya berakhir dalam 10 menit sejak percobaan pertamanya. Ia gagal menuntaskan angkatan snatch dari tiga kesempatan yang ada.

Baca juga: China dominasi emas angkat besi Olimpiade Tokyo
Baca juga: Nurul Akmal finis posisi kelima, Lifter China raih emas kelas +87kg


“Saya tidak sepenuhnya menyadari kontroversi terkait partisipasi saya di Olimpiade ini,” kata Hubbard dikutip Reuters, Senin.

“Namun saya secara khusus ingin berterima kasih kepada IOC karena saya pikir mereka telah menerapkan komitmennya terhadap nilai-nilai Olimpiade, bahwa olahraga adalah untuk semua orang," ujarnya lagi.

Hubbard telah memenuhi syarat untuk tampil di Olimpiade sejak 2015 ketika IOC merilis pedoman yang membuka kesempatan atlet transgender untuk bersaing sebagai wanita selama kadar testosteron mereka di bawah 10 nanomol per liter, setidaknya dalam 12 bulan sebelum kompetisi.

Baca juga: Perunggu Windy Cantika jadi suntikan semangat Rahmat Erwin raih medali
Baca juga: (Round Up) Dua medali untuk Indonesia dari bulu tangkis


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021