Jakarta (ANTARA) - Platform berbagi video singkat TikTok menyediakan akses gratis kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk dapat mengakses materi edukasi terkait pemasaran digital.

Akses ini diberikan kepada para pelaku UMKM yang telah mendaftarkan diri secara khusus di situs MajuBarengTikTok.com yang didedikasikan untuk mendorong UMKM di Indonesia bisa memanfaatkan platform digital untuk mengembangkan usahanya.

Baca juga: Maju Bareng TikTok dorong UKM digital lewat pelatihan

"Semenjak peluncuran solusi bisnis melalui TikTok for Business tahun lalu, kami melihat ada banyak UKM yang tumbuh di TikTok. Mereka terhubung dengan komunitas TikTok dengan menyampaikan kisah brand (storytelling) secara yang otentik. Oleh karena itu, program #MajuBarengTikTok ini kami persembahkan agar fitur dan layanan untuk para pelaku bisnis bisa dimanfaatkan secara efektif, sehingga mereka dapat menjangkau pasar dengan lebih luas lagi,” ujar Head of SMB TikTok Indonesia Pandu Nitiseputro dalam keterangannya, Selasa.

Materi pemberdayaan #MajuBarengTikTok yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja ini terbagi ke dalam rangkaian topik yang secara holistik merangkum proses digitalisasi pengembangan bisnis online.

Topik-topik tersebut antara lain Pengenalan ke Bisnis Online dan Toko Online, Media Sosial dan Platform Digital, Strategi Digital Marketing, Praktik Terbaik Konten Kreatif, Pengenalan TikTok untuk UKM, Pembuatan Konten Kreatif, hingga langkah dan tips untuk mulai beriklan di TikTok.

Langkah ini diambil sebagai lanjutan dari kampanye #MajuBarengTikTok yang sjdah nerjalan sejak Juni 2021 dan telah menjangkau 12.000 pelaku UMKM di Indonesia.

Kegiatan ini pun telah menjangkau pelaku UMKM dari berbagai sektor beragam, mulai dari kuliner, fesyen, pelaku usaha bidang pendidikan dan agribisnis.

Tentunya kegiatan ini didukung oleh berbagai pihak khususnya dari pemerintah seperti Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan UKM, serta SMESCO.

Dari 10 kelas yang berbeda, topik mengenai pengenalan TikTok dan TikTok untuk UKM menjadi kelas yang paling banyak diminati, karena memberikan tips yang aplikatif untuk mereka bisa menjangkau konsumen di TikTok.

Salah satu peserta mengaku bahwa fitur materi yang disajikan di kelas Maju Bareng TikTok telah memberikan banyak inspirasi di bidang digital marketing.

"Program ini luar biasa membuka wawasan saya tentang pentingnya digital marketing di era pandemi seperti sekarang. Pemateri yang hadir juga luar biasa, materi mudah dipahami, overall keren!," kata Pipit Indriani pemilik bisnis Juragan Seuhah.

Baca juga: TikTok prediksi "Shoppertainment" dominasi mega sales "e-commerce"

Baca juga: Instagram resmi hadirkan Reels di Indonesia

Baca juga: TikTok luncurkan Sabtu Belanja Lokal bantu UKM di Indonesia

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021