Palangka Raya (ANTARA News) - Eka Tjipta Foundation, sebuah lembaga filantropi di Jakarta, bekerjasama dengan Komunitas Seniman Budayawan (KSB) Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), akan menggelar pelatihan menulis pada 8 - 13 November di Sungai Rungau Kabupaten Kotawingin Timur.

Penanggung jawab divisi siaran KSB, Andriani Kusni, di Palangka Raya, Rabu, mengatakan, kegiatan tersebut, dirancang untuk mahasiswa, wartawan muda, atau sukarelawan organisasi nirlaba, yang ingin menulis feature atau komentar dengan lebih bertenaga.

"Pelatihan (Workshop) juga dipakai untuk membangun kemampuan mereka kelak bila punya keinginan menulis lebih panjang atau pendekatannya nonfiksi," ucapnya.

Dijelaskannya, kegiatan dibagi 10 sesi, setiap hari dengan dua sesi pertemuan pukul 10.00 - 12.00 dan 13.00 - 15.00, serta dirancang dengan banyak latihan dan diskusi, dimana ada satu sesi dirancang untuk diskusi dengan penulis lokal.

Jumlah peserta 20 orang dan instruktur dua orang. Workshop lebih menekankan latihan. Setiap hari, minimal dua peserta giliran membacakan karya, sore hari diberi kesempatan membuat PR dengan liputan di daerah sekitar area workshop.

Adapun tugasnya, membuat deskripsi, latihan wawancara dan penulisan sebuah feature. Peserta juga akan membaca dan membicarakan karya-karya klasik. Lokasi workshop dibantu sponsor Training Center Sei Rungau, dekat Sampit, milik PT Smart Tbk. Peserta berangkat bersama dari Palangka Raya.

Syarat peserta, terbiasa dengan dunia tulis menulis, terbiasa melakukan riset dan tahu internet, dengan latar belakang disiplin ilmu, minat atau profesi. Peserta juga lancar dalam membaca bahasa Inggris karena banyak bacaan dalam bahasa Inggris.

Seleksi karya peserta oleh panitia bersama, dasar seleksi diletakkan pada minat, bakat serta keragaman dalam kelas (etnik, gender dan agama). Peserta melamar dengan mengirim biodata mereka serta melampirkan dua karya.

Biodata dan seleksi dikirim melalui email ke: etfnarasi@ekatjiptafoundation.org. Dalam subjek email, harus ditulis, tempat workshop plus nama pengirim, contoh (Sei Rungau + Andriani S. Kusni), paling lambat 1 November.  (ANT-221/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010