Bos Prudential sebut agen asuransi bisa berperan konsultan finansial

Bos Prudential sebut agen asuransi bisa berperan konsultan finansial

Tangkapan layar President Director Prudential Indonesia Jens Reisch (kiri) dan Country Chair MDRT Indonesia Miliana Marten menghadiri jumpa pers secara daring di Jakarta, Selasa. (ANTARA/Citro Atmoko)

Jakarta (ANTARA) - President Director Prudential Indonesia Jens Reisch menegaskan bahwa agen asuransi perseroan bisa berperan sebagai konsultan finansial profesional bagi nasabah dan tidak hanya sekedar pemasar produk asuransi.

"Mereka juga berperan sebagai sahabat serta konsultan finansial terpercaya yang siap melayani dan mendampingi setiap tahap kehidupan nasabah," kata Reisch saat jumpa pers di Jakarta, Selasa.

Reisch memastikan pihaknya akan terus berinvestasi, melalui pelatihan berskala internasional maupun penyediaan infrastruktur digital, guna melahirkan konsultan finansial profesional berkualitas MDRT yang future-ready dan siap memenuhi kebutuhan perlindungan kesehatan dan kesejahteraan nasabah.

MDRT adalah asosiasi global dan independen di mana anggotanya mampu memperlihatkan profesionalisme, memegang teguh kode etik, dan menunjukkan layanan terbaik bagi nasabahnya. Prudential Indonesia tercatat menyumbangkan jumlah konsultan finansial terbanyak di MDRT Indonesia selama lima tahun berturut-turut.

Menurut Reisch, pencapaian itu didorong oleh komitmen perseroan untuk mengembangkan profesionalisme konsultan finansial demi memenuhi kebutuhan masyarakat yang kian dinamis.

Baca juga: Potensi sektor teknologi besar, Prudential Life rilis dana investasi

Sebanyak 1.940 konsultan finansial Prudential ikut serta sebagai anggota Million Dollar Round Table (MDRT) 2021, naik 94 persen dari tahun sebelumnya sekaligus menyumbangkan lebih dari setengah (53 persen) dari total anggota MDRT di Indonesia.

Pencapaian tersebut kembali memosisikan Prudential Indonesia di peringkat pertama MDRT Indonesia, meningkatkan posisi perusahaan ke peringkat sembilan di MDRT Global.

Peringkat itu menjadikan Prudential Indonesia sebagai satu-satunya perusahaan asuransi jiwa Indonesia yang masuk dalam 10 besar peringkat MDRT Global dari lebih 500 perusahaan asuransi yang tersebar di 70 negara dan wilayah.

Pada 2021, perusahaan juga mencatat sebanyak 1.195 konsultan finansial perempuan dalam keanggotaan MDRT, naik dari tahun sebelumnya sebesar 614 konsultan finansial. Hal itu sekaligus mendorong posisi Prudential Indonesia di MDRT Global Female Member dari peringkat 12 tahun lalu ke peringkat 9 pada 2021.

Era digital tidak menghilangkan kebutuhan masyarakat untuk berinteraksi dengan konsultan finansial. Sebanyak 75 persen konsumen lebih memilih untuk berbicara dengan seseorang di perusahaan asuransi mereka sebelum melakukan pembelian.

Baca juga: Prudential dorong pertumbuhan ekonomi wilayah timur Indonesia

Di studi yang lain, hampir setengah (49 persen) dari responden global, menyatakan bahwa mereka lebih mempercayai konsultan finansial ketimbang melalui bot seperti layanan automasi melalui telepon atau web atau email saat mengajukan klaim asuransi.

Country Chair MDRT Indonesia Miliana Marten mengatakan, MDRT adalah bentuk apresiasi tertinggi bagi konsultan finansial di bidang keuangan dan asuransi, berdasarkan penilaian yang sangat ketat termasuk kode etik serta fokus pada kepentingan nasabah dan jeli pada kebutuhan proteksi kesehatan dan finansial.

"Di tengah pandemi, kami justru melihat adanya peningkatan jumlah anggota MDRT baik di tingkat global maupun Indonesia. Untuk MDRT Global, terdapat kenaikan lebih dari 20 persen, dari sekitar 70.000 anggota di 2020 menjadi sekitar 90.000 anggota tahun ini," katanya.

Sementara itu, keanggotaan MDRT Indonesia meningkat sekitar 33 persen dari 2.745 menjadi 3.645 anggota per 8 Juli 2021. Kenaikan ini didorong oleh tumbuhnya kesadaran masyarakat di Indonesia dan dunia akan pentingnya perlindungan asuransi.

Baca juga: Prudential gandeng PasarPolis tingkatkan akses terhadap asuransi

Baca juga: Prudential Indonesia salurkan alat kesehatan untuk tujuh RS

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Satyagraha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar