Pemkot Jaksel bekuk tiga pelaku pembuangan limbah tangki septik

Pemkot Jaksel bekuk tiga pelaku pembuangan limbah tangki septik

Petugas Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Selatan mengamankan pelaku pembuangan limbah "septic tank" di Mampang, Senin (2/8/2021). (ANTARA-HO Sudin Kominfo Jakarta Selatan)

Jakarta (ANTARA) - Petugas Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Selatan menangkap tiga pelaku pembuangan limbah tangki septik (septic tank) di saluran air kawasan Mampang pada Senin kemarin.

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan Mohamad Amin menjelaskan awalnya petugas mendapatkan aduan dari masyarakat terkait kegiatan pembuangan limbah tersebut.

"Pelaku ini sudah sering membuang limbah di saluran yang berada di Mampang. Karena bau dan warga juga melihat, mereka lapor lah ke kita. Tindak lanjutnya apa, kita lakukan penangkapan tangan atau OTT ketika mereka sedang membuang limbah tadi,”ujar Amin, di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Kelurahan Tugu Selatan inovasi bank sampah kurangi limbah plastik

Amin menuturkan, menurut petugas di lapangan, pelaku yang terdiri dari sopir dan dua kernet tersebut sudah sering membuang limbah di lokasi.

Amin menyebutkan bahwa penyelidikan lebih lanjut sudah diserahkan ke Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

“Kita laporkan ke dinas dan sekarang para pelaku lagi di dinas,” ujar Amin.

Amin menambahkan bahwa kegiatan tersebut bukan kali pertama dilakukan oleh para pelaku. Mereka sudah leluasa memarkirkan kendaraan truk, lalu menaruh selang pembuangan ke dalam saluran air. Akibatnya, bau tak sedap dari hasil penyedotan limbah tangki septik tercium warga.

Baca juga: PMI Jaksel hasilkan 9 set limbah medis per hari selama COVID-19

“Kalau mendengar keluhan warga, mereka tidak hanya sekali ini aja ya. Tapi memang kasus seperti ini baru pertama kita temukan di Jakarta Selatan. Semoga tidak ada kasus serupa dan para pelaku jera untuk tidak mengulangi perbuatannya,” ujarnya.

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Dinas Gulkarmat DKI evakuasi korban banjir di Mampang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar