Terdapat kenaikan partisipasi asing dari 7,6 persen di lelang sebelumnya menjadi 11,6 persen dari total bid yang masuk pada lelang hari ini
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Keuangan mencatat penawaran pada lelang surat utang negara (SUN) rutin, Selasa, yang mencapai Rp107,78 triliun, merupakan rekor tertinggi sepanjang penerbitan surat utang tersebut pada 2021.

"Incoming bid pada lelang hari ini mencapai rekor tertinggi kedua sepanjang sejarah penerbitan SUN melalui lelang dan merupakan rekor tertinggi untuk lelang SUN tahun 2021," kata Direktur Surat Utang Negara Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko Kemenkeu Deni Ridwan di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Pemerintah serap Rp34 triliun dari lelang SUN

Ia memaparkan salah satu faktor utama yang mempengaruhi tingginya penawaran adalah penurunan yield obligasi AS atau US Treasury 10 tahun yang mencapai level 1,15 persen dan tingginya likuiditas di pasar keuangan domestik.

"Selain itu, Bank Indonesia juga masih menahan BI7DRRR di level 3,5 persen seiring dengan masih rendahnya tingkat inflasi domestik," katanya.

Ia juga menjelaskan penawaran yang masuk pada lelang hari ini masih didominasi oleh investor domestik dengan proporsi sebesar 88,4 persen.

"Namun demikian, terdapat kenaikan partisipasi asing dari 7,6 persen di lelang sebelumnya menjadi 11,6 persen dari total bid yang masuk pada lelang hari ini. Bid terbesar terdapat pada tenor 6 dan 11 tahun," katanya.

Pada lelang SUN tersebut, lanjut dia, juga terdapat penurunan weighted average yield (WAY) yang dimenangkan untuk seluruh seri obligasi negara yang ditawarkan sebesar 1-13 bps dibandingkan pada lelang sebelumnya.

"Penurunan WAY terbesar pada tenor 5 tahun yaitu mencapai 13 bps dibanding pada lelang sebelumnya," kata Deni.

Sebelumnya, pada lelang SUN rutin pada Selasa, pemerintah menyerap dana sebesar Rp34 triliun dari lelang tujuh seri SUN di pasar perdana dengan penawaran masuk mencapai Rp107,78 triliun.

Dengan adanya lelang ini, maka secara keseluruhan jumlah pembiayaan negara yang berasal dari lelang SUN selama Januari-Agustus 2021 mencapai Rp472,24 triliun.

Baca juga: Kemenkeu: seri SUN baru bantu tingginya penawaran lelang
Baca juga: Lelang SUN serap Rp34 triliun

Pewarta: Satyagraha
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021