Ketika terjadi penurunan maka seminggu kemudian angka ini akan turun
Jakarta (ANTARA) - Petugas Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengungkapkan mobilitas masyarakat sangat mempengaruhi angka positif harian COVID-19 di Jakarta dan sekitarnya saat pemerintah menerapkan kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Kalau kita bandingkan angka mobilitas dengan angka penambahan kasus harian, maka sangat terlihat bagaimana korelasinya antara mobilitas itu sangat mempengaruhi perkembangan kasus COVID-19 harian," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa.

Baca juga: Putri pengusaha Akidi Tio pernah dilaporkan ke Polda Metro Jaya

Sambodo mengatakan COVID-19 mempunyai masa inkubasi sehingga ketika mobilitas masyarakat meningkat maka sepekan berikutnya angka positif harian COVID-19 juga akan meningkat dan berlaku juga untuk sebaliknya.

"ini membuktikan bahwa ketika mobilitas meningkatkan maka angka COVID-19 seminggu kemudian pasti meningkat. Ketika terjadi penurunan maka seminggu kemudian angka ini akan turun," tambahnya.

Lebih lanjut dia juga mengatakan, pihaknya telah mengevaluasi terkait jumlah kendaraan yang masuk ke Jakarta selama PPKM Level 4 dan data menunjukkan terjadi penurunan jumlah kendaraan sebanyak 52 persen.

Baca juga: Mobil volkswagen keliling DKI untuk mempercepat vaksinasi

Sedangkan saat penerapan dua pekan pertama PPKM Mikro tercatat ada penurunan kendaraan sebesar 36 persen hingga 39 persen.

Sementara untuk volume lalu lintas pemantauan dilakukan menggunakan kamera pengawas elekronik (ETLE) juga memperlihatkan penurunan mobiltas.

Sambodo menyebut penurunan mobilitas adalah bukti nyata bahwa masyarakat telah memahami pentingnya kebijakan PPKM yang diterapkan pemerintah.

"Terima kasih kepada masyarakat selama masa PPKM Darurat baik minggu pertama dan kedua dan ketiga dan dilanjutkan di PPKM Level 4 di minggu pertama dan kedua itu terjadi penurunan mobilitas," pungkasnya.

Baca juga: Polda Metro tangkap pelaku pencurian ratusan sepeda motor di Jakarta

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021