Menperin harap FKPPI bantu penguatan industri kecil di daerah

Menperin harap FKPPI bantu penguatan industri kecil di daerah

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. ANTARA/HO-Biro Humas Kemenperin/am.

"Di tengah masa pandemi COVID-19, FKPPI sebagai bagian utama dari keluarga besar TNI-Polri harus hadir dalam pendampingan pelaku industri kecil untuk tetap bangkit...
Kendari (ANTARA) - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang juga Wakil Ketua Umum PP KB FKPPI (Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia) mengharapkan organisasi komunitas terbesar dalam lingkup keluarga besar TNI-Polri itu mengambil bagian dalam penguatan industri kecil di daerah.

"Di tengah masa pandemi COVID-19, FKPPI sebagai bagian utama dari keluarga besar TNI-Polri harus hadir dalam pendampingan pelaku industri kecil untuk tetap bangkit dalam memberi pemulihan ekonomi baik skala nasional maupun di daerah," kata Menperin Agus Gumiwang dalam kegiatan Sapa Pengurus Cabang PD FKPPI  secara virtual yang diikuti enam PD FKPPI di wilayah Sulawesi, Selasa.

Menperin mengingatkan agar FKPPI di daerah membantu membangkitkan semangat berusaha bagi pelaku industri kecil yang terdampak pandemi COVID-19.

Ia mengatakan kegiatan prioritas nasional 2021 dan 2022 di Kementerian Perindustrian dengan program nilai tambah dan daya saing industri di bawah Ditjen Industri Kecil Menegah dan Aneka (IKMA), tidak lagi dipusatkan di Pulau Jawa tetapi akan dibangun industri sesuai dengan potensi daerah di luar Jawa.

Baca juga: Kemenperin minta daerah pacu pengembangan industri kecil

Baca juga: Menperin pacu pengembangan IKM, tekan dampak COVID-19


"Jadi skala nasional pengembangan kawasan industri di tahun 2022 prioritasnya di luar Jawa, yang harus beroperasi dan meningkatkan investasi daerah," ujar Menperin.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin), lanjut dia, terus mendorong industri untuk tetap berproduksi di tengah tekanan pandemi. Karena itu ia meminta FKPPI sebagai organisasi kader bangsa yang solid, kuat, dan militan, harus membantu menjaga produktivitas sektor industri di tengah masa pandemi guna mengakselerasi upaya pemulihan ekonomi nasional.

Selama ini, kata Menperin, aktivitas industri telah memberikan efek ganda yang luas, mulai dari penyerapan tenaga kerja hingga penerimaan devisa.

Baca juga: Kemenperin ajak IKM manfaatkan peluang pasar dari belanja pemerintah

Baca juga: Pengembangan IKM berbasis internet telah jamah 22 Provinsi




 

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Peduli Lindungi dorong pekerja industri ikut vaksinasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar