Anggota DPR RI minta masyarakat awasi vaksinasi booster

Anggota DPR RI minta masyarakat awasi vaksinasi booster

Anggota Komisi IX DPR RI Aliyah Mustika Ilham. ANTARA /HO

Makassar (ANTARA) - Anggota Komisi IX DPR RI Aliyah Mustika Ilham meminta masyarakat Sulawesi Selatan ikut mengawasi pelaksanaan vaksinasi booster yang dikhususkan bagi tenaga kesehatan (nakes).

Hal ini ditekankan Aliyah sebab nakes dinilai menjadi garda terdepan dan pahlawan kemanusiaan yang melayani para pasien COVID-19 dan paling berisiko terpapar virus corona sehingga wajib dilindungi.

"Mohon maaf, saya tidak menyetujui kalau ada keluarga pejabat yang divaksin booster. Tolong laporkan pada kami karena inilah posisi kami sebagai pengawas, sebagai wakil rakyat," katanya di Makassar, Selasa.

Baca juga: 1.035 nakes Denpasar terima vaksinasi COVID-19 ketiga di RSUD Wangaya

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kini telah mendapat vaksin jenis moderna sebanyak 3.730 vial dan telah mulai melaksanakan vaksinasi booster kepada para nakes, diawali dari nakes di RSKD Dadi Makassar.

"Mohon dengan sangat dimanfaatkan sebaik-baiknya kepada para nakes. Kami juga atas nama DPR RI Komisi 9, bagaimana memperjuangkan booster vaksin ketiga ini khusus untuk para nakes dulu, yang lain bersabarlah," katanya.

Ia menyebut bahwa Indonesia telah mendapat bantuan hibah vaksin moderna dari Amerika sebanyak 3,5 juta, termasuk di antaranya ribuan vial vaksin moderna yang telah tiba di Sulsel.

"Masih ada yang datang lagi bulan Agustus Pfizer. Pfizer itu APBN. Kalau Moderna itu murni hibah Amerika," kata dia.

"Nanti menyusul 1 juta vial lagi. Khusus untuk Sulsel mendapatkan kuota 3.730 vial dan Sinovac kemarin laporan kalau sudah masuk lagi 3.896," sambungnya.

Sementara Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Sulsel dr Muhammadong mengemukakan distribusi vaksin moderna sedang berlangsung ke berbagai daerah, hanya saja penyalurannya memiliki perlakuan khusus.

"Sekarang setiap daerah yang harus ambil sendiri tetapi moderna punya perlakuan khusus sehingga tidak serta merta harus dikirim karena penyimpanannya harus dijamin berada di suhu minimal minus 15 sampai 25 derajat Celcius," urainya.

Baca juga: Sulsel mulai berikan vaksin COVID-19 dosis III bagi nakes
Baca juga: Kemenkes tegaskan vaksinasi "booster" hanya untuk nakes
Baca juga: Menkes pastikan vaksinasi "booster" dengan vaksin Moderna untuk nakes

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar