Teknologi angkat saham China, kekhawatiran virus batasi kenaikan

Teknologi angkat saham China, kekhawatiran virus batasi kenaikan

Seorang investor melihat papan elektronik yang menampilkan informasi saham di Nanjing, Provinsi Jiangsu, China. ANTARA/REUTERS/Stringer/am.

Lonjakan kasus COVID-19 domestik tetap menjadi ancaman bagi prospek pertumbuhan
Shanghai (ANTARA) - Bangkitnya kembali saham-saham teknologi telah mengangkat indeks saham utama China pada Rabu, karena survei swasta menunjukkan pertumbuhan sektor jasa yang lebih cepat, tetapi kekhawatiran atas melonjaknya kasus COVID-19 membebani sentimen, menjaga kenaikan tetap terkendali.

Pada penutupan, indeks Shanghai Composite naik 0,85 persen pada 3.477,22. Indeks saham unggulan CSI300 naik 0,90 persen.

Saham teknologi naik secara keseluruhan, dengan sub-indeks CSI Info Tech naik 2,42 persen. Indeks itu turun 2,31 persen pada hari Selasa setelah sebuah artikel media pemerintah menggambarkan game online sebagai "candu spiritual".

Saham teknologi pulih bahkan ketika sebuah artikel opini di surat kabar resmi People's Daily milik Partai Komunis yang berkuasa mengatakan bahwa China harus melindungi anak di bawah umur dari bahaya internet dengan lebih baik.

Dikutip dari Reuters, indeks Shenzhen yang lebih kecil berakhir naik 1,7 persen dan indeks ChiNext Composite papan pengembangan lebih tinggi sebesar 2,47 persen.

Memberikan beberapa dukungan untuk sentimen pasar, survei swasta menunjukkan bahwa pertumbuhan di sektor jasa China meningkat pada bulan Juli, didukung oleh pemulihan konsumsi.

Tetapi, lonjakan kasus COVID-19 domestik tetap menjadi ancaman bagi prospek pertumbuhan. China melaporkan jumlah kasus baru yang ditularkan secara lokal terbanyak sejak Januari pada hari Rabu.

Subindeks sektor keuangan CSI300 turun 0,64 persen, sektor kebutuhan pokok konsumen turun 1,72 persen, indeks real estat turun 0,95 persen dan sub-indeks perawatan kesehatan turun 0,58 persen.

Di seluruh kawasan, indeks saham MSCI Asia kecuali Jepang menguat sebesar 0,81 persen, sedangkan indeks Nikkei Jepang ditutup turun 0,21 persen.

Pada pukul 07.13 GMT, yuan dikutip pada 6,4611 per dolar AS, 0,14 persen lebih kuat dari penutupan sebelumnya 6,47.

Sepanjang tahun ini, indeks saham Shanghai naik 0,1 persen dan CSI300 telah turun 4,5 persen, sedangkan indeks saham-H China yang terdaftar di Hong Kong turun 12,6 persen. Saham Shanghai telah naik 2,35 persen bulan ini.

Baca juga: Saham Eropa perpanjang rekor karena optimisme pendapatan
Baca juga: Saham Asia dekati level tertinggi 1 minggu, kekhawatiran Delta naik
Baca juga: Saham China dibuka lebih rendah pada Rabu


Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar