Kasad beri Rp100 juta bagi Taruna Akmil tampilkan tari kolaborasi

Kasad beri Rp100 juta bagi Taruna Akmil tampilkan tari kolaborasi

Tangkapan layar para Taruna Akmil menampilkan tarian kolaborasi di hadapan Kasad dan Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana. ANTARA/Muhammad Zulfikar

Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa bersama Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Hetty Andika Perkasa memberikan hadiah senilai Rp100 juta bagi Taruna Angkatan Militer (Akmil) tingkat I hingga III karena berhasil menampilkan tarian kolaborasi.

"Ini sebagai bentuk tanda sayang serta bangga kepada para Taruna Akmil dari tingkat I hingga tingkat III yang menampilkan seni tari kolaborasi yang diberi nama Tari Anak Negeri," kata Kasad melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Berbagai tarian kolaborasi yang ditampilkan oleh para Taruna Akmil yakni Tari Perang Papua, Tari Kecak Bali, Tari Rampak Gendang Jawa Barat, Tari Saman Aceh hingga Tarian Bendera Indonesia.

Baca juga: Kasad tegaskan tak ada pungutan dalam penerimaan calon taruna Akmil

Baca juga: Kasad: Kami sudah mengakomodasi calon taruna yang terpapar Corona


Semua tarian dikolaborasikan dan diberi nama Tari Anak Negeri yang diiringi lantunan lagu dengan lirik bertema nasionalisme serta alat tradisional seperti Rampak Gendang dan Gordang Sambilan.

"Tarian Anak Negeri ini menggambarkan bangsa kita memiliki beragam kebudayaan dan berbeda-beda dari berbagai suku tetapi tetap menjadi satu kesatuan," ucap dia.

Sementara itu, Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Hetty Andika Perkasa mengaku bangga melihat tarian yang ditampilkan oleh para taruna yang menggabungkan beberapa seni tari nusantara menjadi satu pertunjukan luar bisa.

"Tariannya bagus-bagus, anak-anak sayang. Saya sangat bahagia melihat kalian, jadi saya ingin memberikan sesuatu buat anak-anak saya," ujarnya.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Taruna Akmil beri wawasan kebangsaan kepada siswa SMK

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar