Untuk tamtama sebesar Rp275 juta, bintara Rp300 juta, perwira pertama Rp350 juta, dan perwira menengah Rp400 juta.
Jakarta (ANTARA) - Ribuan prajurit dan pegawai TNI Angkatan Laut menerima tunjangan kesejahteraan berupa uang dan pinjaman lunak pembelian rumah dari TNI AL.

"Tunjangan dan pinjaman lunak itu merupakan upaya TNI AL menyejahterakan prajurit dan pegawai sehingga mereka akan termotivasi bekerja lebih profesional," kata Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono di Jakarta, Rabu.

Pemberian tunjangan itu, kata Kepala Staf TNI AL saat membuka kegiatan Bulan Kesejahteraan Prajurit di Markas Besar TNI AL, Cilangkap, Jakarta, merupakan bagian dari program Bulan Kesejahteraan TNI AL.

Para penerima tunjangan kesejahteraan itu, antara lain 727 personel Badan Pembinaan Potensi Maritim (Babinpotmar), sementara 5.637 prajurit TNI AL menerima tunjangan kemampuan khusus (brevet).

Tunjangan tali asih juga diberikan kepada 1.247 prajurit/pegawai negeri sipil TNI AL yang akan memasuki masa purnatugas periode Januari 2021 sampai Juni 2021.

Baca juga: Kasal lepas ekspedisi penelitian Jala Citra I Aurora ke Halmahera

Di samping tunjangan kesejahteraan, Kasal mengumumkan TNI AL telah menyiapkan pinjaman lunak pembelian rumah untuk prajurit dan pegawai.

Pinjaman itu, yang masuk dalam Program Perumahan melalui Dinas (PPMD), akan diberikan kepada para prajurit sesuai dengan strata kepangkatannya.

"Untuk tamtama sebesar Rp275 juta, bintara Rp300 juta, perwira pertama Rp350 juta, dan perwira menengah Rp400 juta," kata Kepala Staf TNI AL sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis Dinas Penerangan TNI AL.

Dana untuk pinjaman lunak itu, kata dia, diperoleh dari Tabungan Disiplin (Tablin) Prajurit.

Laksamana TNI Yudo Margono menjelaskan bahwa pinjaman tersebut untuk membangun, merenovasi, atau membeli rumah sehingga sebelum para prajurit purnatugas, mereka telah memiliki rumah layak huni.

Dalam kesempatan yang sama, Kasal mengumumkan tunjangan Brevet Komando Hutan juga akan diberikan kepada pasukan marinir, sedangkan pengawak kapal perang Indonesia (KRI) juga akan menerima tunjangan Brevet Kapal Permukaan dan Tunjangan Brevet PWO.

Tunjangan tali asih untuk prajurit dan pegawai TNI AL yang purnatugas langsung diberikan oleh Kepala Staf TNI AL kepada sejumlah perwakilan penerima di Mabes TNI AL.

Baca juga: Kasal tinjau kesiapan pangkalan marinir jadi RS Darurat COVID-19

Dalam kesempatan yang sama, Kasal juga memberi penghargaan kepada lima perwakilan anggota TNI AL yang berprestasi di bidangnya, yaitu Komandan KRI Rigel-933 Letkol Laut (P) Jaenal Mutakim, Kapten Laut (S/W) Arifda Yenli, Sertu Jas Purwanto, Sertu Jas M. Malizi, dan Serda Jas I Putu Randu Pradana.

Total ada 47 prajurit TNI AL yang menerima penghargaan dari Kepala Staf TNI AL pada hari Rabu (4/8).

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021