Jakarta (ANTARA) - Juara dunia 21 kali Svetlana Romashina menyabet gelar juara Olimpiade keenamnya saat dia memenangi emas bersama pasangan baru Svetlana Kolesnichenko dalam nomor duet free routines renang indah, Rabu.

Pasangan dari Komite Olimpiade Rusia (ROC)/Rusia itu mencetak total skor 195.9079, kombinasi dari skor teknis dan gaya bebas mereka yang terinspirasi dari laba-laba.

Kemenangan itu membuat Romashina, ibu satu anak, menjadi perenang indah paling sukses yang pernah ada di cabang olahraga tersebut, seperti dikutip dari laman resmi Olimpiade.

Sementara bagi Kolesnichenko, emas tersebut merupakan medali Olimpiade pertama dalam nomor duet, namun dia memenangi emas tim beregu di Rio 2016, dan dia juga sudah menjadi juara dunia 16 kali.

Baca juga: Tim renang artistik Yunani diisolasi setelah jadi klaster virus 

Pasangan Huang Xuechen dan Sun Wenyan dari China meraih perak dengan gaya mereka yang terinspirasi dari ular, dengan mencetak total skor 192,4499 dalam kombinasi teknik dan gaya bebas.

Ukraina memenangi medali Olimpiade pertama mereka dalam olahraga tersebut melalui Marta Fiedina dan Anastasiya Savchuk yang berhasil membawa pulang perunggu dengan total skor 189,4620.

Pasangan Yukiko Inui dan Megumu Yoshida dari Jepang gagal naik podium meskipun memukau penonton dengan gaya inovatif mereka yang terinspirasi robot dengan catatan skor 187.8166. 

Baca juga: Perenang Brazil Ana Marcela rebut emas renang maraton putri Olimpiade 
Baca juga: Yunani menarik tim renang artistik setelah terpapar COVID-19 
Baca juga: 5 momen tak terlupakan dari renang Olimpiade Tokyo 

 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021