Kasad dan Komandan USARPAC sematkan 569 Wing Terjun Garuda Airborne

Kasad dan Komandan USARPAC sematkan 569 Wing Terjun Garuda Airborne

Tentara Amerika (US Army) berjalan usai penerjunan bersama dengan TNI AD saat Latihan Bersama Garuda Shield ke 15/2021 di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI AD di Martapura, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, Rabu (4/8/2021). Latihan penerjunan Garuda Airbone diikuti oleh penerjun dari Tentara Amerika (US Army) sebanyak 478 penerjun dan 91 penerjun dari TNI AD dengan menggunakan sembilan pesawat C-17 Globe Master yang terbang dari Guam, Amerika Serikat. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Sumatera Selatan (ANTARA) - Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa dan Commanding General USARPAC USA General Charles A Flynn menyematkan wing terjun kepada 569 penerjun dalam latihan Garuda Airborne, di titik tinjau penerjunan, Talang Sipin Puslatpur Baturaja, Sumatera Selatan, Rabu.

Kasad mengatakan penyematan wing terjun tersebut menjadi identitas bagi para penerjun yang melaksanakan penerjunan bersama dalam latihan Garuda Airbone.

Baca juga: Kasad lepas 100 personel ke Amerika Serikat latihan Garuda Airbone

Ada pun latihan penerjunan Garuda Airborne tersebut merupakan bagian dari latihan Garuda Shield ke-15 yang diikuti penerjun dari kedua negara yang terdiri atas 91 penerjun TNI AD dan 478 penerjun US Army. Mereka berangkat dari Amerika Serikat dengan menggunakan 9 Pesawat C-17 Globe Master.

Secara rinci manifes pesawat pertama dengan 42 penerjun, pesawat kedua 70 penerjun, pesawat ketiga 71 penerjun, dan pesawat keempat 68 penerjun.

Baca juga: Kasad beri Rp100 juta bagi Taruna Akmil tampilkan tari kolaborasi

Selanjutnya pesawat kelima 68 penerjun, pesawat keenam 72 penerjun, pesawat ketujuh 50 penerjun, pesawat kedelapan 68 penerjun, dan pesawat terakhir 60 penerjun dengan titik pendaratan di Area Puslapur Martapura.

Sebelum melakukan penerjunan, para penerjun yang terpilih dari satuan TNI AD yang berkualifikasi Para atau Lintas Udara ini berlatih bersama dengan prajurit Divisi 82 Airborne US Army di Fort Bragg, North Carolina, Amerika Serikat sejak 16 Juli 2021.

Baca juga: Kasad tinjau Rumah Sakit Lapangan Kostrad tangani pasien COVID-19

Latihan bersama Garuda Airborne ini merupakan penerjunan lintas negara yang baru pertama kali dilakukan antarmiliter kedua negara dan merupakan bagian dari latihan bersama Garuda Shield-15 Tahun 2021 yang dilaksanakan dari tanggal 1 sampai 15 Agustus 2021.

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pemprov Maluku Utara dan TNI AU akan dirikan SMK Dirgantara di Morotai

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar