Medan (ANTARA News) - Pebulu tangkis-pebulu tangkis unggulan pada ganda campuran dewasa tanpa kesulitan akhirnya melaju ke babak final Djarum Sirkuit Nasional Bulutangkis Regional VI Piala Gubsu di GOR PBSI Sumut, Jumat.

Pebulu tangkis unggulan pertama Rendra Wijaya/Maria Elfira Christina (PB Djarum) melaju ke final setelah dibabak semi final mengalahkan sesama atlet binaan PB Djarum Darmiko/Yayu Rahayu lewat pertandingan rubber set.

Set pertama Rendra/Maria sempat tertinggal 16-21, namun pasangan favorit juara itu berhasil bangkit di set kedua setelah mampu memaksimalkan permainan untuk unggul 21-10 dan mengakhiri set ketiga dengan kemenangan fantastis 21-12.

Usai pertandingan, Rendra mengatakan, di set pertama lawan bermain cukup baik sehingga mereka cukup kerepotan mengatasinya.

"Namun di set kedua kami mencoba mengubah pola permainan dengan memberi tekanan lebih dulu dan terbukti pola permainan seperti itu lebih ampuh mengatasi permainan lawan yang baru pertama kalinya kami hadapi," katanya.

Di semifinal, Rendra/Maria akan ditantang pasangan unggulan kedua Ardiansyah Putra/Devi Tika Permatasari (PB Ganesha/SGS Electrik) yang melaju ke semifinal usai mengalahkan unggulan ketiga Rio Arif/Adriani Ratnasari (PB HI Qua Wima/Citra Raya) 21-19, 21-15.

Menanggapi lawannya di final, Rendra/Maria mengaku optimis meraih kemenangan meski mereka mengakui bahwa calon lawan yang bakal dihadapi cukup tangguh.

"Di Tegal kami sudah bertemu pada babak-babak awal dan kemenangan menjadi milik kami. Begitu pun, mereka memberi perlawanan ketat lewat duel rubber set dan selisih poinnya pun tidak terpaut jauh," kata Rendra.

Sementara di nomor ganda campuran taruna, terjadi kejutan karena unggulan pertama Jones Ralfy Jansen/Nurbeta Kwanrico (PB Djarum) dipaksa menyerah oleh pasangan non unggulan sesama asal PB Djarum Lukhi Afri Nugroho/Aulia Putri Drajat 16-21, 16-21.

Di final, pasangan Lukhi Afri Nugroho/Aulia Putri Drajat itu kembali menghadapi atlet satu klub mereka Rizky Susanto/Gloria E Wijaya yang tampil di final usai menang dari Dandi Prabudita/Deariska Putri Medita yang juga asal PB Djarum.

Pada nomor ganda campuran remaja, pasangan tuan rumah Danang/Afni Fadilah (PB Indocafe) gagal ke final setelah takluk dari pasangan unggulan pertama asal PB Djarum Arya Maulana/Ristya Ayu Nugraheny dengan 14-21, 12-21.

Di final pasangan Maulana/Ristya selanjutnya akan bertemu pasangan asal PB Jaya Raya Rian Swastedian/Masita Mahmudi setelah mengalahkan sesama atlet Jaya Raya Aldo Abdillah/Desaula Gendy 21-18, 21-14.(*)
(ANT/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010