Menkominfo usulkan kelompok kerja ekonomi digital di G20

Menkominfo usulkan kelompok kerja ekonomi digital di G20

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. ANTARA/HO-Kemkominfo/am.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengusulkan Gugus Tugas Ekonomi Digital ditingkatkan menjadi Kelompok Kerja Ekonomi Digital, saat Pertemuan Tingkat Menteri G21 Bidang Digital yang berlangsung secara virtual.

Kami percaya bahwa pengajuan peningkatan status Gugus Tugas Ekonomi Digital menjadi Kelompok Kerja Ekonomi Digital akan memperkuat upaya kolaboratif negara-negara anggota G20 dan diharapkan menjadi platform koordinasi untuk merampingkan masalah digital pada kelompok kerja lain di bawah platform G20," kata Johnny, dikutip dari siaran pers, Kamis.

Pembentukan Kelompok Kerja Ekonomi Digital menurut Menteri Johnny akan memiliki mandat yang lebih jelas, terstuktur serta lebih meningkatkan sinergi dan diskusi mengenai isu-isu digital.

Baca juga: Pemerintah percepat distribusi bansos

Baca juga: Staf Ahli Menkominfo: ASO bukan hanya soal penyiaran


“Dengan adanya Kelompok Kerja akan membantu menghindari kemungkinan duplikasi di sektor G20 lainnya. Peningkatan tersebut juga akan melahirkan komitmen, legitimasi, dan pengaturan kelembagaan yang lebih kuat untuk pembahasan isu-isu digital di bawah platform G20,” kata Johnny.

Gagasan tersebut diungkapkan sang Menteri saat pertemuan virtual dengan Menteri Inovasi Teknologi dan Transisi Digital Italia, Vittorio Colao, Rabu (4/8).

Pemerintah Indonesia mengusulkan pembentukan kelompok kerja ekonomi digital dalam Pertemuan Menteri Digital Negara Anggota G20 yang berlangsung hari ini.

Pembahasan yang akan berlangsung di pertemuan tersebut seputar pengukuran, praktik, dan dampak ekonomi digital; kesadaran dan perlindungan konsumen, dan blockchain dalam rantai nilai global barang konsumen; pelindungan dan pemberdayaan anak di lingkungan digital.

Isu mengenai inovasi untuk kota cerdas; konektivitas dan inklusi sosial; arus data lintas batas dan arus data dengan kepercayaan; alat digital untuk layanan publik dan kelangsungan bisnis; identitas digital; serta regulasi yang gesit, juga akan dibahas di Pertemuan Tingkat Menteri G20 Bidang Digital.

Pertemuan tingkat menteri ini akan menghasilkan Declaration of G20 Digital Ministers yang berisikan isu-isu prioritas Presidensi Italia, antara lain transformasi digital untuk pemulihan ekonomi; pemanfaatan kecerdasan buatan yang terpercaya untuk inklusivitas UMKM dan promosi startup.

Menteri Johnny juga mengapresiasi Presidensi Italia dalam G20 tahun ini, yang mengakomodasi prioritas Indonesia untuk Presidensi G20 2022.


Baca juga: Tifatul Sembiring harap ASO dipercepat

Baca juga: Menkominfo minta STMM Yogyakarta siapkan SDM bertalenta digital

Baca juga: Menkominfo: Rumah Digital Indonesia wujud kecepatan adaptasi teknologi

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kominfo jamin infrastruktur TIK di PON XX siap

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar