Padang, Sumbar (ANTARA News) - Ibu negara Ani Yudhoyono berencana akan mengadopsi salah satu anak berusia tiga minggu yang menjadi sebatang kara akibat bencana tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

"Kita sudah melaporkan ke Ketum (Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum, red) dan sudah menyampaikan ke ibu negara Ani Yudhoyono yang kemungkinan akan mengadopsi satu anak yatim piatu korban tsunami Mentawai," kata Ketua Divisi Tanggap Darurat Partai Demokrat Umar Arsal di Padang, Sumbar, Minggu.

Umar Arsal bersama Ketua Fraksi PD di DPR Jafar Hafsah mengunjungi lokasi bencana di Pagai Selatan, Mentawai untuk menyerahkan bantuan langsung.

Selain itu, Divisi Tanggap Darurat PD mendirikan posko pelayanan kesehatan dan mengirimkan tiga dokter serta tim medis.

Lebih lanjut Umar menjelaskan saat ini tim lapangan sedang berunding untuk memproses kemungkinan anak tersebut bisa diadopsi oleh Ibu Negara.

"Kita usulkan anak itu bisa diadopsi jadi anak negara oleh ibu negara Ani Yudhoyono," kata Umar.

Umar juga menjelaskan bahwa PD memutuskan mengambil anak angkat sebanyak 15-20 orang.

"Ketum Anas Urbaningrum sudah memutuskan akan mengambil anak angkat sekitar 15-20 anak untuk kita berikan beasiswa sampai selesai sekolah," kata Umar.

Umar menyebutkan pemberian beasiswa terhadap anak-anak yatim atau piatu korban tsunami tersebut akan berasal dana dari DPP. Selain beasiswa untuk biaya sekolah, tambah Umar, PD juga akan memberikan bantuan biaya kehidupan minimal.
(ANT/A011)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010