Liga 1 Indonesia

Madura United berharap ada dispensasi untuk persiapan Liga 1 2021

Madura United berharap ada dispensasi untuk persiapan Liga 1 2021

Manajer Madura United Rahmad Darmawan. ANTARA/HO-Maduraunitedfc.com

Jakarta (ANTARA) - Manajer Madura United Rahmad Darmawan berharap tim yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sehingga tidak bisa menggelar latihan bersama mendapatkan dispensasi waktu untuk menyiapkan tim menghadapi Liga 1 2021.

Dispensasi yang dimaksudkan bisa dilakukan PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam penyusunan jadwal, yakni agar klub yang tidak bisa menggelar latihan di masa PPKM diatur agar dapat bermain sekitar satu atau dua pekan setelah 20 Agustus 2021.

"Contohnya klub yang tidak mendapatkan izin latihan seperti kami (Madura United). Saya yakin akan ada kebijakan yang sangat adil dalam kondisi seperti ini. PT LIB harus melihat ini untuk membuat kebijakan," kata pria yang akrab disapa Coach RD itu, seperti dikutip dari laman resmi klub, Kamis.

Pria yang merangkap sebagai pelatih itu menyarankan agar kontestan Liga 1 yang tidak terdampak PPKM di Jawa dan Bali diberi kesempatan bermain di pekan pertama hingga kedua terlebih dulu. 

Baca juga: Madura United bersiap geber latihan bersama 

Liga 1 2021 yang diputuskan mulai 20 Agustus mendatang mengharuskan agar seluruh tim, termasuk Madura United, memastikan kesiapan tim sebelum bergulirnya Liga 1.

Namun sebagai tim yang berbasis di Pulau Madura, Coach RD menyampaikan wilayahnya juga terdampak PPKM.

Menurut dia, keputusan menggelar Liga 1 2021 yang diterbitkan pada Selasa (3/8) itu memberikan jeda waktu selama 17 hari bagi klub untuk mempersiapkan diri, sementara PPKM yang sudah diperpanjang untuk kedua kalinya ini baru akan berakhir pada 9 Agustus.

Dengan kondisi demikian, maka waktu untuk memulai persiapan bagi Madura United jadi berkurang, dan tim-tim yang terdampak PPKM harus terpangkas lagi waktunya guna menggelar latihan bersama. 

Dalam hitungan normal, jika PPKM di Jawa dan Bali berakhir pada 9 Agustus 2021 dan tidak diperpanjang lagi, maka Madura United hanya memiliki waktu tujuh hari untuk mempersiapkan tim, termasuk menggelar latihan bagi seluruh pemain.

Di sisi lain, Coach RD mengatakan para pemain dan ofisial tim Madura United tidak lagi dipusatkan di asrama sejak penundaan Liga 1 pada Juni lalu.

Baca juga: Coach RD terus pantau kebugaran pemain Madura United 
Baca juga: Pemain Madura United diimbau taat prokes selama latihan mandiri 


Seluruh pemain, sambung dia, dipulangkan dengan kewajiban latihan mandiri di kediamannya masing-masing.

Melalui laman resminya, PSSI pada Selasa (3/8) menyatakan akan kembali menggelar kompetisi Liga 1 pada 20 Agustus mendatang.

Keputusan itu diambil setelah PSSI dan PT LIB berkonsultasi dengan Menpora dan Polri, di samping penurunan kasus COVID-19 di Pulau Jawa dan Bali juga menjadi pertimbangan utama atas keputusan tersebut.

Keputusan itu juga telah ditindaklanjuti dengan rapat virtual PSSI, LIB dan tim peserta Liga 1 yang digelar Rabu (4/8) kemarin terkait persiapan kompetisi Liga 1 2021. 

Baca juga: Coach RD: Sepak bola bisa menambah imun 
Baca juga: Coach RD: Kompetisi harus segera bergulir demi prestasi timnas 

 

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Laga amal, Arema fc donasikan 400 juta rupiah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar