Jakarta (ANTARA) - Valentino Rossi, salah satu pebalap karismatik dan terhebat sepanjang masa, mengungkapkan ada beberapa hal yang bakal ia rindukan setelah ia pensiun dari MotoGP.

Juara dunia sembilan kali itu pada Kamis di Red Bull Ring, Spielberg, Austria, mengumumkan dirinya bakal mengakhiri kariernya di MotoGP di pengujung musim 2021.

"Seperti yang saya bilang, saya akan memutuskan masa depan saya ketika jeda musim panas. Saya memutuskan untuk berhenti pada akhir musim ini," kata Valentino Rossi di sesi jumpa pers virtual.

"Sayangnya ini akan menjadi musim terakhir saya sebagai pebalap MotoGP."

Setelah menjalani lebih dari 400 balapan dalam kariernya, Rossi akan harus beradaptasi dengan kehidupan barunya setelah pensiun nanti.

Baca juga: Rossi akhirnya putuskan akan pensiun dari MotoGP

"Saya rasa saya akan rindu kehidupan seorang atlet, bangun tiap pagi dan berlatih untuk mencapai target dan mencoba menang, saya suka sekali kehidupan ini," kata pebalap yang telah naik podium selama 235 kali tersebut, sejak pertama kali finis ketiga di Austria pada 1996 dengan motor 125cc Aprilia.

Rossi juga telah meraih 89 kemenangan di kelas premier dan 26 di kelas 125cc dan 250cc.

The Doctor menjalani musim terakhirnya sebagai pebalap tim satelit Petronas Yamaha SRT namun performanya semakin memudar di pengujung kariernya saat sang veteran menghuni peringkat ke-19 di klasemen dengan posisi finis terbaik di P10 dari sembilan balapan yang telah digelar musim ini.

Sedangkan kemenangan terakhir The Doctor diraih bersama Yamaha di Grand Prix Belanda 2017 silam.

"Saya akan rindu membalap di atas motor MotoGP," Rossi melanjutkan.

Baca juga: Rossi rindukan balapan dan fan di Mugello

Selanjutnya hilangnya kesibukan

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021