Kebakaran hutan Yunani, penghuni pulau dievakuasi

Kebakaran hutan Yunani, penghuni pulau dievakuasi

Pemadam kebakaran berusaha memadamkan kebakaran hutan di pinggiran kota utara Athena, Yunani, Selasa (3/8/2021). REUTERS/Costas Baltas/hp/cfo (REUTERS/COSTAS BALTAS)

Athena (ANTARA) - Ratusan orang diungsikan dengan kapal dari sebuah pulau dekat Athena ketika Yunani berjuang memadamkan kebakaran hutan pada Jumat. Badan mitigasi bencana negara itu memperkirakan potensi angin kencang dan suhu yang membakar pada hari keempat bencana.

Kapal-kapal penjaga pantai dibantu perahu-perahu turis mengangkut 631 orang sejak Kamis dari tiga pantai pulau Evia.
  Api telah menjalar luas di hutan pinus pulau itu sejak Selasa dan mendekati tepi laut.


Baca juga: Kebakaran hutan di Turki, sebagian besar teratasi
 

Semua pengungsi dipindahkan ke tempat aman dan patroli laut terus dilakukan untuk mengantisipasi tindakan darurat, kata pejabat keselamatan pantai. Langit di atas Athena kembali dipenuhi asap tebal dari kebakaran hutan di pinggiran utara kota itu, yang kembali berkobar pada Kamis setelah sempat padam di awal pekan.

Warga di sejumlah kawasan pinggir kota telah dievakuasi ketika api membakar sekitar jalan raya utama yang menghubungkan Athena dengan Yunani selatan. Ratusan petugas pemadam dikerahkan untuk memadamkan api dengan bom air untuk mencegah api menjalar ke kota terdekat, Marathon.

Suhu telah mencapai 40 derajat Celsius sepanjang pekan dan diperkirakan tidak turun pada Jumat karena angin kencang diprediksi menyebarkan api lebih jauh.

Sejauh ini sedikitnya sembilan orang dilarikan ke rumah sakit akibat beragam luka, dua di antaranya adalah pemadam sukarelawan yang dirawat intensif akibat luka bakar, kata pejabat kesehatan.

Negara tetangga Yunani, Turki, juga telah berusaha memadamkan kebakaran hutan lebih dari sepekan.

Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis mengatakan pada Kamis negaranya perlu memperkuat kesiapan menghadapi cuaca buruk akibat perubahan iklim.
  Sumber: Reuters


Baca juga: Api Dixie hanguskan kota bersejarah di California


Baca juga: Kebakaran hutan di Turki, tidak ada WNI jadi korban


Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Risiko rendah, Sumbar ingin wujudkan nol karhutla

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar