Anies larang pejabat syaratkan vaksinasi untuk pengambilan bansos

Anies larang pejabat syaratkan vaksinasi untuk pengambilan bansos

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbicara kepada wartawan saat mengunjungi RSUD Tarakan, Jakarta Pusat, Jumat (6/8/2021). ANTARA/Mentari Dwi Gayati/aa.

Tidak boleh. Itu melanggar
Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melarang pejabat maupun petugas mewajibkan vaksinasi sebagai syarat bagi warga mengambil bantuan sosial.

Menurut Anies, kelurahan atau wilayah perangkat kerja mana pun tidak diperkenankan mewajibkan warga untuk vaksin sebelum mengambil bantuan sosial.

Baca juga: Kanwil Kumham DKI salurkan 500 paket sembako untuk warga Jakarta Utara

"Tidak boleh. Itu melanggar. Kalau dibagi kemudian dianjurkan vaksin, boleh. Tapi kalau dibagi dengan syarat sudah vaksin tidak boleh," kata Anies usai meninjau pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat, Jumat.

Anies menjelaskan bahwa penyaluran bantuan sosial (bansos) termasuk kegiatan bersifat kemanusiaan sehingga tidak boleh ada persyaratan khusus.

Baca juga: Dinsos DKI: 99.763 KK masih belum dapat bansos beras

Apalagi, bansos merupakan hak bagi warga yang terdampak PPKM Level 4 di Jawa dan Bali, khususnya di DKI Jakarta.

"Semua kegiatan yang sifatnya kemanusiaan, tidak boleh disambungkan dengan persyaratan itu, Tidak boleh, Karena bansos untuk menyambung hidup. Tidak boleh apa pun juga," kata Anies.

Sebelumnya, Kelurahan Utan Panjang memberlakukan kebijakan pengambilan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) hanya untuk warga yang sudah divaksin.

Baca juga: Bansos beras di DKI mulai disalurkan Kamis

Lurah Utan Panjang Amadeo mengatakan masih cukup banyak warga di wilayahnya yang belum divaksin. Hingga Kamis (29/7), warga yang sudah divaksin baru mencapai 52 persen.

Oleh karena itu, ia sengaja menerapkan kebijakan melarang warga yang belum vaksin untuk mengambil BPNT.

"Bukan untuk mempersulit, kita hanya mendorong supaya vaksinasi ini bisa cepat," kata Amadeo.

Amadeo menilai kebijakan yang baru diterapkan ini cukup efektif karena sudah banyak warga yang akhirnya bersedia divaksinasi agar bisa mengambil bansos.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Hadiri Milad, Anies harapkan terobosan baru Muhammadiyah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar