Olimpiade

Menangi madison, Laura Kenny raih emas kelima balap sepeda Olimpiade

Menangi madison, Laura Kenny raih emas kelima balap sepeda Olimpiade

Arsip foto - Atlet Inggris Laura Kenny beraksi pada final Scratch Race Putri Kejuaraan Sepeda Lintasan Dunia UCI 2020 di Berlin, Jerman, Rabu (26/2/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Kacper Pempel/AWW/djo

Jakarta (ANTARA) - Pebalap sepeda Britania Raya Laura Kenny memenangi medali emas Olimpiade kelima pada Jumat, setelah meraih kemenangan bersama Katie Archibald pada nomor madison putri yang pertama di Olimpiade Tokyo.

Kenny dan Archibald, sekarang dua kali juara Olimpiade, memenangi 10 dari 12 sprint ke finis dengan 78 poin, unggul 43 dari Denmark, yang meraih perak.

Komite Olimpiade Rusia meraih medali perunggu dengan 26 poin setelah 120 lap di Izu Velodrome.

Baca juga: Italia pecahkan rekor dunia menangi emas balap sepeda beregu putra

Medali keenam Kenny secara keseluruhan menyamakan levelnya dengan pebalap dressage Charlotte Dujardin sebagai atlet Olimpiade Britania paling banyak mendapat penghargaan.

Ia juga menjadi perempuan Inggris pertama yang memenangi lima medali emas, bergabung dengan Bradley Wiggins dan pedayung Steve Redgrave dalam daftar sepanjang masa negara tersebut, hanya terpaut satu dari suaminya Jason Kenny dan Chris Hoy.

Atlet berusia 29 tahun itu menyelesaikan lomba dengan gaya, melaju melintasi garis finis untuk meraih 10 poin karena memenangi sprint terakhir, demikian laporan AFP.

Baca juga: Annemiek van Vleuten rebut emas ITT Olimpiade Tokyo
Baca juga: Pebalap sepeda Ekuador Carapaz rebut emas road race Olimpiade Tokyo

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

KONI: PON XX Papua berkaca pada Olimpiade Tokyo 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar